Home Bisnis 10 Ide Bisnis untuk Mahasiswa yang Menguntungkan

10 Ide Bisnis untuk Mahasiswa yang Menguntungkan

138
ide bisnis untuk mahasiswa
Ide Bisnis untuk Mahasiswa.*/Photo by Element5 Digital on Unsplash

Salah satu modal terpenting untuk menjadi seorang entrepreneur atau pengusaha yaitu tekad, komitmen dan disiplin. Tapi, nyatanya kamu gak harus meninggalkan kewajiban kamu lainnya kok. Untuk kamu yang lagi kuliah dan ingin berwirausaha. Simak ide bisnis untuk mahasiswa yang menguntungkan di bawah ini ya!

Pengumuman kelulusan kuliah jalur SNMPTN serentak dilakukan pada hari senin 15 Maret 2021 kemarin. Seluruh warganet diramaikan dengan hasil screenshot terpilihnya melanjutkan pendidikan di kampus impian.

Bagi kamu yang belum lulus, jangan sedih ya! Masih banyak jalan menuju Roma. Mulai dari tes SBMPTN hingga jalur mandiri yang disediakan tiap kampus. Tetap belajar and let universe works!

Nah, untuk kamu yang sudah keterima gimana perasaannya? Pasti senang kan?! Oiya adakah dari kalian yang merantau?

Hmmm kalau ada, maka pembahasan kali ini juga sangat cocok untuk kamu yang ingin ingin menambah pemasukan secara mandiri. Yaitu kuliah sambil mewujudkan ide bisnis yang kamu impikan.

Berkat kecanggihan teknologi, kini kita tidak sulit untuk mulai berbisnis. Hadirnya beragam market place dan platform media sosial memudahkan kita untuk melakukan transaksi jual-beli. Kamu juga gak kesulitan untuk melakukan promosi, karena tiap media sosial sudah dilengkapi dengan fitur ads.

Karena namanya kuliah sambil berbisnis jadi tetap yaa kewajiban utama kamu yaitu menjadi seorang mahasiswa, jangan sampai kuliahnya justru tidak dijalankan dengan baik.

Tapi, kamu gak perlu khawatir, selama kamu dapat disiplin dalam mengelola bisnis dan penggunaan waktu pasti dapat tertangani.

Bagi seorang mahasiswa, terlebih yang merantau maka berbisnis merupakan pilihan tepat untuk meringankan beban orang tua dan menambah uang jajan.

Jadi, kamu dapat memenuhi kebutuhanmu seperti membayar kos-kosan, membeli perlengkapan kuliah seperti baju dan buku-buku, bahkan untuk nongkrong bareng teman, liburan, hingga tabungan dan investasi.

Gak cuma itu aja, sekarang banyak kampus yang memberi dukungan bagi mahasiswanya yang memiliki minat di bidang kewirausahaan. Dukungan tersebut dapat berbentuk bantuan modal berupa uang, hingga pelatihan berbentuk mentoring.

Nah, biar makin semangat langsung aja simak beragam ide bisnis untuk mahasiswa yang menguntungkan di bawah ini ya!

Ide Bisnis untuk Mahasiswa

Jual Pulsa & Paket Data

Nah, salah satu bisnis yang dapat kamu lakukan yaitu menjual pulsa & paket data secara elektrik. Kamu gak perlu nge-stock tiap jenis provider, tinggal akses aja fitur yang tersedia di m-banking, market place online atau platform ride hailing.

Nantinya, tiap pembeli tinggal bayar secara cash atau transfer deh. Nah, salah satu masalah yang seringkali dihadapi seorang pedagang pulsa dan paket data yaitu menumpuknya jumlah piutang.

Piutang yaitu hak tagih kita terhadap orang yang berutang, memang seringkali tak terhindarkan apalagi kalau habis pulsanya di tengah malam.

Beberapa cara yang dapat kamu lakukan yaitu menghadirkan beragam metode pembayaran secara online, sehingga tidak ada alasan bagi pembeli untuk tidak membayar tepat waktu.

Make up Artist

Nah, bisnis yang satu ini pasti digemari kaum Hawa, tapi tidak menutup bagi kaum Adam untuk berkecimpung di bidang make up artist. Bagi kamu yang emang suka tata rias atau make up, bekerja sebagai make up artis selain turut mengembangkan skill-mu, kamu juga akan mendapat uang tambahan.

Seorang freelace make up artist dapat dihargai Rp 300 ribu bahkan lebih untuk sekali dandan lho! Tapi tergantung juga dengan kuaitas make up kamu.

Bisnis Online

Nah, ada banyak ide bisnisuntuk mahasiswa di bidang ini. Mulai dari jasa titip atau jastip, reseller, hingga dropshipper.

Jastip adalah singkatan dari jasa titip, yaitu metode penjualan dengan cara menitipkan. Misalnya, kamu kuliah di Jogja yang terkenal dengan ragam kerajinan tangannya. Kamu bisa membuka jastip bagi teman-teman di daerah asalmu yang tidak menjual produk serupa.

Reseller adalah metode menawarkan berbagai macam produk dari produsen dengan jumlah banyak yang dapat dibandrol dengan harga murah.

Dropshipper adalah kita menjual barang dari supplier, nah dari tiap pembeli yang membeli barang, kita akan mendapatkan keuntungan setidaknya 3 persen.

Bisnis Makanan dan Minuman (FnB)

Tentu saja bisnis yang satu ini pasti masuk ke dalam list. Kamu gak perlu buka restoran kok, saat duduk di bangku kuliah nanti pasti kamu bakalan nggak asing lagi dengan kegiatan danusan.

Nah, biar gak spoiler soal danusan itu apa, mending kita tiru saja metode dagangannya. Kamu bisa jual cemilan seperti kue-kue atau jajanan pasar dan makanan berat seperti pasta.

Tinggal dibungkus dengan plastik mika, styrofoam atau box nasi mini deh. Sistem penjualannya pun beragam, mulai dari pre-order, jual harian atau kamu kembangkan melalui platform ride hailing seperti Gojek dan Grab.

Tutor Kursus

Jadi tutor kursus atau guru les merupkan salah satu ide bisnis yang cocok untuk mahasiswa lho! Waktunya juga fleksibel jadi bisa disesuaikan dengan jam kosong kamu.

Kamu bisa mengajar anak SD, SMP hingga SMA pada mata pelajaran yang kamu kuasai.

Selebgram/Influencer

Untuk kamu yang senang membagikan daily life atau kemampuanmu dalam suatu bidang, kini saat yang tepat untuk unjuk gigi. Dengan bantuan media sosial, akan ada lebih banyak orang yang mengetahui kemampuanmu.

Selain itu, mereka juga dapat menjadikanmu sebagai rujukan untuk mecari jawaban atas bidang yang kamu geluti. Nah, karena ketenaranmu terhadap suatu bidang seringkali mendatangkan rezeki berupa endorsement.

Untuk tiap endorse yang kamu lakukan pastinya memiliki tarif, selain itu kamu juga dapat diundang untuk menghadiri sebuah talk show.

Freelance Writer

Sekarang untuk menjadi seorang penulis gak harus terpaku pada satu pekerjaan itu saja lho! Dengan menjadi seorang freelance writer tiap tulisan yang kamu submit dan mencapai target pembaca akan dihargai sejumlah uang.

Salah satu cara untuk menggeluti bidang ini dapat dimulai dengan menjadi seorang blogger. Bagi kamu yang memiliki hobi menulis, pastinya hal ini gak terlalu sulit untuk kamu lakukan.

Freelance Fotografer atau Videografer

Kedua bisnis ini terbuka untuk siapa saja, gak cuma untuk kamu yang sedang berkuliah di jurusan tersebut. Asal kamu dapat mengoperasikan toolsnya dengan baik dan outputnya juga bagus, gak ada salahnya lho jadi freelancer!

Karyamu dapat diharga sekitar Rp 1 juta hingga Rp 5 juta, harga tersebut tentunya tergantung juga jenis proyek dan hasilnya ya!

Translator

Bagi kamu yang menguasai bahasa asing, nah ini saat yang tepat bagi kamu untuk mengasah skill sekaligus menambah pemasukanmu. Peluang pekerjaan bagi orang-orang yang menguasai bahasa asing luas lho!

Rider Ride Hailing

Ada keuntungan bagi kamu yang menjadi ojek online, yaitu fleksibilitas waktu untu narik. Daripada cuma bengong, jadi ojek online selain dapat kesempatan eksplor tempat kamu juga mendapat tamabahan uang jajan.

Tapi pastikan penuhi standar keselamatan ya! Gunakan celana panjang, jaket, sepatu dan helm untuk menutupi kepala, dan yang tak kalah penting yaitu lengkapi data dirimu!

Nah itulah ragam ide bisnis untuk mahasiswa yang dapat kamu coba! Apakah kamu sudah menentukan pilihanmu?

Sebagai penyelenggara investasi berbasis securities crowdfunding, JOINAN berkomitmen untuk mendukung program pemulihan ekonomi nasional pasca Covid-19, berkontribusi mewujudkan iklim ekonomi Indonesia yang lebih baik, menjadi alternatif pembiayaan untuk mendukung startup & UMKM naik kelas, serta solusi pintar untuk berinvestasi.

Mulai investasi atau ekspansi bisnismu bersama kami!


JOINAN merupakan platform investasi berbasis securities crowdfunding. Melalui JOINAN kamu dapat berinvestasi pada beragam bisnis profitable, hingga mendapatkan alternatif pembiayaan untuk mengembangkan bisnismu.

Melalui mekanisme penerbitan efek yang akan JOINAN tawarkan kepada seluruh investor tanah air melalui website dan aplikasi yang dimiliki JOINAN.

Dengan satu platform kamu dapat menjadi investor maupun penerbit atau partner JOINAN! Klik link ini untuk informasi lebih lanjut.

baca juga: tips bisnis di era digital, mulai bisnismu sekarang juga!

Penulis: Mira Ayu Dwi Cahyani