Home Bisnis 12 Cara Mulai Bisnis Salon Kecantikan Bagi Pemula

12 Cara Mulai Bisnis Salon Kecantikan Bagi Pemula

50
tips mulai bisnis salon rambut di jakarta
Cara Mulai Bisnis Salon Bagi Pemula.*/Photo by Adam Winger on Unsplash

Ingin berkecimpung di dunia kecantikan? Simak cara mulai bisnis salon kecantikan bagi pemula, berikut ini!

Dunia kecantikan merupakan hal yang tak dapat dipisahkan dari kaum hawa. Untuk menunjang penampilan, salon merupakan surga yang dituju banyak wanita di dunia.

Tak heran, bisnis ini terlihat menggiurkan bagi mereka yang pandai membaca peluang.

Bisnis salon kecantikan adalah bisnis yang melayani perawatan rambut, kulit, wajah, dan kosmetika. Dengan pelayanan tersebut, diharapkan dapat memberikan keuntungan.

Meski banyak wanita yang mampu merias atau merawat tubuhnya secara mandiri, tetapi tak semua wanita memiliki waktu untuk melakukan hal tersebut.

Dengan bantuan pelayanan salon, pelanggan Anda akan sangat terbantu atas jasa Anda. Apakah kamu tertarik untuk memulai bisnis salon kecantikan?

Simak cara mulai bisnis salon kecantikan berikut ini!

Cara Mulai Bisnis Salon Kecantikan

1. Tentukan Layanan dan Keahlian Top Tier Salon Anda

Hair stylist profesional di salon
Photo by Adam Winger on Unsplash

Langkah pertama, tentukan layanan atau keahlian nomor satu yang salon kecantikan Anda tawarkan.

Perlu Anda pahami, bisnis salon kecantikan memiliki cakupan yang amat luas. Pada saat pertama kali memulai bisnis ini, ada baiknya Anda melakukan cek ombak dahulu.

Cek ombak dilakukan untuk melihat peluang dan kesulitan yang akan dihadapi dalam berbisnis. Cek ombak juga berguna untuk meminimalisir kemungkinan buruk terjadi di fase awal pendirian.

Salah satu cara tepat yang dapat dilakukan, yaitu dengan memberikan layanan top tier sesuai dengan keahlian kita.

Misalnya, Anda jago potong rambut dan pijatannya enak. Maka, untuk tahap awal Anda dapat menawarkan layanan potong rambut, creambath dan massage.

Seiring berjalannya waktu, Anda dapat menambah layanan lainnya.

2. Membuat Business Plan

Salon mewah
Photo by Adam Winger on Unsplash

Tentunya sebagai entrepreneur Anda berharap perkembangan bisnis yang pesat. Nah, itu sebabnya business plan wajib dimiliki oleh para pebisnis.

Melalui business plan Anda dapat merencanakan kapan sebaiknya menambah peralatan, karyawan, membuka cabang baru, hingga menmbah layanan yang akan ditawarkan.

Dalam membuat business plan, pastikan Anda mencoba mengenali target market yang ingin dituju.

3. Tentukan Target Market

Kesibukan salon saat dikunjungi pelanggan
Photo by Adam Winger on Unsplash

Penentuan target market akan berpengaruh terhadap ragam layanan yang akan Anda berikan, kualitas produk yang digunakan, hingga harga yang Anda tawarkan kepada pelanggan.

Tak hanya itu, design interior, citra brand, hingga cara promosi salon Anda juga akan disesuaikan dengan target market. Besaran modal yang diperlukan juga akan mempengaruhi target market Anda.

4. Buat Rincian Modal yang Diperlukan

Seorang pelanggan sedang ditata rambutnya di salon
Photo by Adam Winger on Unsplash

Bila Anda ingin membuat salon rumahan, hitung harga peralatan yang perlu Anda beli dengan rinci, termasuk juga biaya listrik dan air yang akan dikeluarkan.

Anda dapat menghemat modal dengan membeli peralatan pokok terlebih dahulu, di tempat yang sedang diskon atau cuci gudang.

Bila perlu melakukan pinjaman, pastikan jumlahnya tidak terlalu besar, mengingat usaha ini baru dimulai dan belum ada pemasukan sama sekali.

Begitu juga dengan Anda yang ingin membeli atau menyewa ruko. Hitung dengan cermat harga sewa atau belinya, beserta dengan biaya operasional yang diperlukan.

5. Komitmen dan Disiplin

Peralatan salon
Photo by Adam Winger on Unsplash

Memulai usaha tidaklah mudah, tapi juga tidak sesulit yang Anda pikirkan. Anda perlu lebih sabar, berkomitmen dan disiplin dalam menjalani bisnis salon kecantikan.

Jadikan tiap kritik dan saran pelanggan sebagai bahan bakar untuk meningkatkan kualitas pelayanan salon kecantikan Anda.

Jangan bosan untuk mengevaluasi kinerja dan pelayanan secara berkala. Seperti kata pepatah, “If you want it, you will find a way. If you don’t want it, you will find only excuse.”

Tidak ada kesuksesan yang lahir dari kemalasan.

6. Cari Lokasi Strategis

Photo by Greg Trowman on Unsplash

Pastikan lokasi salon kecantikan Anda mudah diakses oleh pelanggan, baik menggunakan kendaraan pribadi, atau kendaraan umum.

Cari tempat yang dekat dengan pusat keramaian, seperti pusat perbelanjaan, atau perumahan. Lokasi ini dapat disesuakan dengan target market salon Anda.

7. Buat Tren atau Ikuti Tren yang Sedang Berlangsung

Trend Rambut Terbaru
Photo by Element5 Digital on Unsplash

Seperti yang kita ketahui, dunia kecantikan bersifat dinamis. Selalu berubah mengikuti perkembangan zaman.

Jangan puas dengan kemampuan membuat, atau mengikuti satu model potongan rambut, atau make up.

Keinginan pelanggan selalu ada-ada saja dan berubah-ubah, semakin banyak gaya dan kemampuan yang Anda miliki, akan semakin baik.

Pelanggan juga akan semakin percaya dengan Anda, karena salon Anda dianggap profesional dan sangat membantu pelanggan mewujudkan impiannya.

8. Kembangkan Kemampuan Karyawan

Make up artist
Photo by Chalo Garcia on Unsplash

Seperti yang sempat disebutkan di atas, kritik dan saran akan menuntun salon kecantikan Anda menuju kesuksesan.

Lakukan evaluasi terhadap kinerja karyawan (bila ada), dan kemampuan Anda sendiri. Perbaiki tiap kesalahan yang pernah dibuat, jangan diulangi lagi.

Anda juga dapat mengikuti kelas atau sesi mentoring untuk mengembangkan kemampuan Anda dalam berkreasi. Baik itu potong rambut, atau tata rias.

Lakukan hal serupa kepada karyawan Anda, sehingga pelanggan merasa nyaman dan senang atas pelayanan salon kecantikan Anda.

9. Terus Berinovasi

seorang wanita dipotong rambutnya
Photo by Colours of Turkey on Unsplash

Lakukan inovasi menarik untuk memanjakan pelanggan. Di situasi pandemi Covid-19 tentu tak sedikit pelanggan Anda yang enggan ke luar rumah.

Padahal, bisa jadi mereka sangat tertarik untuk menggunakan layanan Anda. Anda dapat berinovasi dengan menghadirkan jasa salon home service.

Berikan pelayanan ekstra sesuai dengan protokol kesehatan.

10. Lakukan Promosi

seorang wanita membayar jasa salon melalui kartu kredit
Photo by Blake Wisz on Unsplash

Lakukan promosi untuk memanjakan dan membuat pelanggan loyal dengan salon kecantikan Anda.

Misalnya, gratis creambath untuk 3 kali potong rambut selama satu tahun. Anda juga dapat memberikan diskon atau kupon yang dapat dikumpulkan bagi pelanggan.

Manfaatkan platform media sosial untuk berinteraksi dengan pelanggan.

11. Atur Keuangan dengan Bijak

tip untuk karyawan salon
Photo by Sam Dan Truong on Unsplash

Buatlah laporan keuangan sesuai standar akuntansi. Hal ini dilakukan agar Anda dapat melakukan evaluasi terhadap keuangan perusahaan Anda secara berkala.

Melalui laporan keuangan yang rapi, Anda juga dapat membandingkan pemasukan dan pengeluaran dari bulan ke bulan, bahkan tahun ke tahun.

Lalu, Anda dapat menentukan strategi yang tepat untuk memaksimlkan keuntungan yang didapat.

12. Berikan Pelayanan Terbaik

Jangan pernah lelah untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

Bisnis salon kecantikan merupakan bisnis yang bersinggungan langsung dengan pelanggan, maka kenyamanan pelanggan merupakan prioritas nomor 1.

Nah, itulah cara mulai bisnis salon kecantikan yang dapat Anda lakukan. Apakah Anda tertarik untuk memulai bisnis salon?

Bagi Anda yang telah memiliki salon kecantikan, tetapi kekurangan modal untuk melakukan ekspansi bisnis, jangan khawatir.

Kini telah hadir platorm JOINAN, melalui JOINAN Anda dapat menerbitkan efek yang akan ditawarkan kepada seluruh investor tanah air.

Sebagai penyelenggara investasi berbasis securities crowdfunding, JOINAN berkomitmen untuk mendukung program pemulihan ekonomi nasional pasca Covid-19, berkontribusi mewujudkan iklim ekonomi Indonesia yang lebih baik, menjadi alternatif pembiayaan untuk mendukung startup & UMKM naik kelas, serta solusi pintar untuk berinvestasi.

Wujudkan bisnis impianmu bersama JOINAN!


link daftar jadi partner JOINAN

JOINAN merupakan platform investasi berbasis securities crowdfunding. Melalui JOINAN kamu dapat berinvestasi pada beragam bisnis profitable, hingga mendapatkan alternatif pembiayaan untuk mengembangkan bisnismu.

Melalui mekanisme penerbitan efek yang akan JOINAN tawarkan kepada seluruh investor tanah air melalui website dan aplikasi yang dimiliki JOINAN.

Dengan satu platform kamu dapat menjadi investor maupun penerbit atau partner JOINAN! Klik link ini untuk informasi lebih lanjut.

10 inspirasi usaha kuliner paling laris di Indonesia