Home Bisnis Cara Membuat Pesan Otomatis di WhatsApp Business

Cara Membuat Pesan Otomatis di WhatsApp Business

153
cara membuat pesan otomatis, auto reply di WhatsApp Business
Keuntungan dan Cara Membuat Pesan Otomatis atau Auto Reply di WhatsApp Business

Bila Anda merupakan pedagang online, membalas pesan customer secepat mungkin memang harus menjadi prioritas. Itu sebabnya diperlukan pesan otomatis.

Pada dasarnya pelanggan, konsumen atau customer merupakan raja. Bila kita telat merespon pesannya, besar kemungkinan mereka akan lari ke toko sebelah.

Tapi, jangan khawatir. Bagi kamu pebisnis online, kini sudah tersedia cara merespon calon pembeli gak pake lama. Yaitu dengan menggunakan WhatsApp Business.

Apa itu WhatsApp Business? WhatsApp Business merupakan fitur yang dikeluarkan oleh WhatsApp untuk mempermudah para pebisnis berkomunikasi dengan pelanggannya.

Fitur yang dihadirkan WhatApp Business juga berbeda dengan WhatsApp pada umumnya, seperti menautkan link website dan emil di profile, membuat katalog produk, dan membuat pesan otomatis.

Berikut keuntungan menggunakan pesan otomatis bagi akun WhatsApp Businessmu

  • Efisiensi waktu, kamu tidak perlu mengetik ulang tiap pesan yang ingin disampaikan kepada pelanggan.
  • Lebih profesional, perusahaanmu terlihat lebih profesional saat menggunakan WhatsApp Business karena sesuai dengan tujuannya.
  • Memudahkan pelanggan, melalui pesan otomatis pelanggn tidak menunggu lama dan dapat melihat produk toko Anda yang terdapat di katalog.

Nah, biar gak makin penasaran yuk kita bahas selengkapnya!

Cara Buat Pesan Otomatis

1. Download WhatsApp Business

Download (unduh) WhatsApp Business melalui playstore atau Appstore. Biar tidak tertukar, WhatsApp Business memiliki logo huruf B di tengah-tengahnya.

2. Lengkapi Profil Bisnis

Setelah didownload, segera lengkapi profil bisnismu. Mulai dari nama perusahaan/toko, gambar atau logo, tipe bisnis, dan keterangan lainnya seperti waktu operasional hingga tautan terkait

3. Ketuk Opsi Titik 3 di Pojok Kanan Atas

Kamu bisa menemukan titik ini di halaman pesan.

4. Klik ‘Business Tools’

Pilihan ini terdapat di atas.

5. Scroll ke Bawah

Pada bagian ‘Messaging tools’ terdapat banyak fitur pesan otomatis.

a. Away message

Yaitu fitur pesan otomatis untuk merespon pelanggan saat bisnismu tidak beroperasi, atau kamu sedang tidak memegang handphone-mu. Kamu juga bisa menjadwalkan kapan pesan tersebut akan dikirimkan kepada pelanggan. Caranya:

  • Klik kolom ‘Away Message’.
  • Nyalakan tombol ‘send away message.’
  • Isi pesan apa yang ingin kamu berikan kepada pelanggan.
  • Atur jadwal kapan pesan tersebut akan diterima pelanggan.
  • Atur siapa yang akan menerima pesan tersebut. Terdapat pilihan yaitu: Siapa saja, siapapun tapi yang tidak termasuk dalam kontakmu, semua orang namun ada pengecualian, atau hanya dikhususkan untuk seseorang.
  • Klik ‘save’

b. Greeting Message

Greeting message berfungsi untuk menyapa pelanggan saat pertama kali menghubungi Anda. Kamu juga bisa menyalakan fitur mengirim pesan kepada pelanggan yang tak berinteraksi selama 14 hari denganmu.

  • Isi pesan yang ingin disampaikan.
  • Pilih siapa saja yang akan menerima pesan tersebut.
  • Klik ‘save’.

c. Quick Replies

Melalui fitur ini Anda dapat membuat 50 pesan otomatis, sehingga dapat kamu isi dengan jawaban atas pertanyaan yang biasa ditanyakan pelanggan.

  • Klik ‘quick replies‘.
  • Klik tombol tanda (+) berwarna hijau di pojok kanan bawah.
  • Isi pesan yang ingin kamu kirimkan, kamu juga bisa menambahkan foto atau emot.
  • Lalu isi ‘shortcut’ ini berfungsi untuk memudahkan kamu mengirim template. jawaban tersebut. Tinggal menambahkan tanda (/) di depan kata, maka template bisa langsung di klik untuk dikirimkan.
  • Kamu juga dapat menambahkan ‘keywords’ atau kata kunci.

d. Label Pesan

Melalui fitur ini, kamu dapat mengelompokkan customer menjadi berbagai kelompok sehingga pesan yang dikirimkan bisa disesuaikan dan tidak tertukar. Caranya:

  • Klik tombol ‘labels’ yang terdapat di bawah tombol ‘quick replies’
  • Buat pengelompokkan, misalnya new customer, new order, pending payment, paid, order complete, dan sebagainya.
  • Beri warna yang berbeda di setiap kelompok agar mempermudah.
  • Kembali ke laman depan yaitu list chat masuk.
  • Tekan kontak yang kamu tuju, lalu klik lambang label di samping lambang ‘pinned’ atau ‘sematkan’ lalu klik ‘save’

Keuntungan Menggunakan WhatsApp Business

Terjalin Komunikasi yang Humanis

Melalui pesan otomatis WhatsApp Business kamu dapat membedakan pesan yang akan dikirim kepada pelanggan. Sehingga bukan bot spam yang akan mengganggu kenyamanan pelanggan.

Fitur label yang tersedia juga tidak membingungkan ke mana kamu akan mengirimkan pesan.

Profesional

Pelanggan merasa lebih aman saat harus mengontak bisnis ke akun WhatsApp Business dibanding dengan WhatsApp Messanger yang dapat digunakan siapa saja.

Di WhatsApp Business juga terdapat ketentuan yang wajib kamu taati, kamu tidak dapat sembarangan menamai brand-mu dan tidak dapat mengosongkannya juga. Sehingga pelanggan merasa lebih aman.

Memaksimalkan Pemasaran

Seperti yang kita ketahui, terdapat fitur katalog sehingga Anda dapat menampilkan produk Anda berikut dengan deskripsi dan harganya.

Hal ini akan membuat pelanggan lebih mudah mencari tahu tentang produk yang sedang dicarinya.

Nah, itulah cara membuat pesan otomatis melalui WhatsApp Business dan keuntungan yang Anda dapatkan bila menggunakannya. Mudah kan?

Selain melakukan otomatisasi pengiriman pesan, kamu juga bisa melakukan pengembangan bisnismu dengan cara menambah cabang atau melakukan perbaikan outlet yang telah tersedia misalnya menambah karyawan atau alat pendukung bisnismu.

Jangan khawatir soal modal, karena kini telah hadir JOINAN platform investasi berbasis securities crowdfunding. Bersama JOINAN bisnismu akan mendapatkan akses pendanaan melalui penggalangan dana dengan cara menerbitkan suatu efek (saham/sukuk/obligasi).

Nantinya efek tersebut akan ditawarkan JOINAN kepada seluruh investor tanah air melalui website dan aplikasinya. Pelaku UMKM mendapatkan dana sesuai dengan kebutuhan pengembangan bisnisnya, dan investor mendapat bagi hasil secara berkala.

Tunggu apalagi? Yuk JOINAN sekarang!

Baca Juga: KLASIFIKASI BISNIS RITEL DAN TIPS SUKSES MEMULAI BISNISNYA

Penulis: Mira Ayu Dwi Cahyani