10 Inspirasi Usaha Kuliner Paling Laris di Indonesia, Wajib Coba!

50
steak daging mewah
Inspirasi Usaha Kuliner.*/Photo by Sam Moqadam on Unsplash

Usaha kuliner merupakan jenis usaha yang paling digemari oleh para pebisnis. Selain idenya yang banyak, pasarnya pun potensial. Berikut inspirasi usaha kuliner paling laris di Indonesia!

Usaha kuliner memang selalu menggiurkan. Bagaimana tidak, beragam latar belakang dan perbedaan pada tiap manusia, dapat disatukan dengan sebuah sajian yang nikmat.

Usaha kuliner juga memiliki target pasar yang luas dan potensial. Gak heran banyak yang mengatakan bahwa “usaha kuliner gak ada matinya.”

Dikutip dari wartaekonomi.co.id, sepanjang triwulan III tahun 2020, industri kuliner menjadi penyumbang terbesar PDB nasional yang mencapai 7,02%.

Industri kuliner juga memberikan nilai ekspor tertinggi dalam kelompok manufaktur yang menyumbang US$ 27,59 miliar dari Januari-November 2020.

Tak cukup sampai di situ, industri kuliner juga menggelontorkan investasi secara signifikan sebesar Rp 40,53 triliun pada Januari-September 2020.

Nah, bagi sobat JOINAN yange berniat untuk memulai bisnis kuliner di 2021, ada baiknya memperhatikan sejumlah faktor demi kelangsungan usahamu nih.

Seperti yang kita ketahui, pandemi Covid-19 telah mengubah pola konsumsi konsumen. Bila sebelumnya masyarakat terbiasa menyantap makanan di restoran, kini lebih memilih untuk dibungkus atau memesan secara online.

Pelaku usaha dituntut untuk lebih inovatif dan memperhatikan protokol kesehatan, kebersihan dan cita rasa masakan.

Penting bagi Anda untuk memanfaatkan teknologi guna memasarkan produk dengan lebih kreatif.

Yuk kita intip 12 inspirasi usaha kuliner berikut ini!

Inspirasi Usaha Kuliner Paling Laris di Indonesia

1. Usaha Mie

Mie merupakan kuliner yang tak terpisahkan dari lidah masyarakat Indonesia. Tekstur, bumbu, dan topping-nya yang beragam selalu menjadi daya tarik mie.

Baik yang digoreng atau berkuah, mie selalu dicintai. Di Indonesia sendiri, terdapat beragam macam usaha kuliner berbahan dasar mie.

Mulai dari mie ayam, mie yamin, bakso mie, soto mie, mie kocok, dan olahan mie tradisional khas beragam daerah lainnya.

Bagi Anda yang suka uji coba resep, olahan mie wajib Anda eksplorasi nih. Mie ayam dapat menjadi salah satu pilihan terbaik, mengingat panganan ini paling umum bagi masyarakat Indonesia.

Kalau gak mau terlalu repot, Anda dapat menjalin kerja sama kemitraan atau franchise dengan brand ternama yang olahannya mie, contohnya Golden Lamian.

2. Usaha Burger

Burger merupakan makanan berupa roti bundar yang diiris menjadi dua bagian, dan ditengahnya diis patty (daging), sayur-sayuran, dan ragam saus.

Pembuatannya yang mudah, rasanya yang enak dan mengenyangkan, menjadi daya tarik dari burger.

Bagi Anda yang tertarik berbisnis burger, Anda dapat mulai riset beragam merk roti dan daging berkualitas baik. Pastikan juga sayuran yang Anda gunakan masih fresh ya.

Saat ini Anda juga dapat menjadi mitra beragam brand burger lokal yang gak kalah nikmat dengan brand luar lho. Salah satunya yaitu Burger Bangor.

3. Kedai Kopi

Rasanya, nongkrong bareng teman, meeting bareng klien atau kencan bareng pacar rasanya kurang asik kalau gak sambil minum kopi. Ya gak?

Di Indonesia sendiri, kopi dan ngopi udah jadi budaya yang tak terpisahkan dari keseharian masyarakat. Itu sebabnya, bisnis kopi cukup menjanjikan di Indonesia.

Bagi kamu yang ingin mulai bisnis kopi, pastikan kamu sudah melakukan riset atas konsep usahamu mengingat persaingannya yang cukup ketat.

Cara lain dalam berbisnis kopi yaitu dengan menjadi mitra, atau waralaba brand kopi lain, yang sudah running dan menunjukkan kemajuan pesat.

Beberapa brand kopi lokal di Indonesia yang menerima kerja sama berbentuk kemitraan dan waralaba (franchise), yaitu:

  • Kopi Koccok
  • Hey! Kafe
  • Kopi Dari Hati
  • Kopinang Kau Hari Ini

4. Usaha Boba

Boba merupakan minuman dengan topping tepung tapioka berbentuk bulat, berwarna cokelat kehitaman dengan cita rasa manis.

Minuman boba memiliki beragam rasa yang menyegarkan, mulai chocolate, vanilla, strawberry, matcha, hingga beragam menu variasi dari rasa tersebut.

Misalnya, vanilla regal, strawberry youghurt, dan lain-lain. Bagi Anda yang terampil membuat boba dengan cita rasa yang nikmat, bisnis ini sangat menggiurkan lho.

Kalau kamu gak mau ribet, kini kamu dapat menjalin kerja sama kemitraan, atau franchise dengan beragam brand boba untuk membuka cabang baru lho.

Berikut beberapa brand boba di Indonesia yang menawarkan kerja sama:

5. Bisnis Jus dan Smoothies

Gaya hidup sehat kini menjadi dambaan dan prioritas masyarakat. Salah satu hal yang menunjang pola hidup sehat kita yaitu makanan dan minumannya.

Membuat jus memang terdengar mudah, tapi tak semua orang memiliki waktu untuk membuatnya sendiri.

Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral, perlu kombinasi jus yang saling melengkapi kandungannya.

Begitu juga dengan smoothies, selain sebagai makanan pengganti buat konsumen yang lagi diet, smoothies juga cemilan yang menyehatkan.

Bagi Anda yang tertarik memulai bisnis ini, franchise Joomba dapat menjadi pilihan terbaik.

6. Roti Bakar Kekinian

Siapa sih yang gak suka roti bakar? Rasanya yang beragam dan nikmat, emang paling cocok kalo disantap selagi hangat.

Roti bakar dapat dijadikan cemilan saat ngumpul bareng keluarga atau teman, dan makanan berat pengganti nasi.

Karena banyaknya pesai dalam bisnis ini, Anda harus lebih kreatif dan inovatif. Caranya yaitu bermain dalam varian rasa.

Hadirkan beragam pilihan rasa yang tak banyak dimiliki kedai roti lain, mulai dari yang basic-nya manis hingga asin gurih.

Misalnya, roti bakar cokelat Toblerone-Keju, roti bakar smoke beef mentai, atau roti bakar sosis salted egg.

7. Frozen Food

Frozen food atau makanan dingin juga merupakan usaha kuliner yang menggiurkan lho.

Pasalnya, makanan ini memiliki umur simpan yang cukup lama dengan cita rasa yang tidak berubah (asal penyimpanannya baik).

Bila sebelumnya frozen food hanya terkenal dengan sosis dan nugget, kini tersedia beragam jenis olahan lainnya seperti dimsum, daging, blackpepper rice, dan lain-lain.

Bagi Anda yang tertarik mengolah frozen food secara mandiri, pastikan kualitas bahan dan pengemasannya diperhatikan ya!

8. Martabak

Siapa sih yang gak doyan martabak? Ya! Martabak merupakan salah satu primadona bagi siapapun yang suka kulineran.

Bisnis kuliner yang satu ini juga sangat menggiurkan lho gengs. Namun, cukup sulit membuat adonannya, sehingga bagi kamu yang tertarik berbisnis martabak harus trial & error dulu nih.

Ada beragam variasi martabak yang dapat kamu jual, mulai dari martabak manis biasa, martabak telur, hingga martabak tipis kering.

Hampir serupa dengan roti bakar, kamu dapat menghadirkan beragam variasi rasa untuk menarik pelanggan.

9. Sate Taichan

Sate ayam yang satu ini penggemarnya banyak banget lho gengs. Sederhananya, sate taichan adalah sate ayam yang dibakar tanpa kecap dan bumbu kacang.

Jadi, dagingnya terlihat sedikit pucat dan kecokelatan di beberapa titik saat sudah dibakar. Bumbunya sendiri terbuat dari sambal, taburan bawang goreng, dan kaldu bubuk yang disajikan terpisah.

Cita rasa sate taichan sangat unik, pedas, asin, gurih, dan segar karena perasana jeruk limo. Biasanya sate taichan disantap dengan potongan lontong.

Bagi Anda yang berniat memulai usaha sate taichan secara mandiri, pembuatannya gak sulit lho.

Untuk memenangkan persaingan dengan kedai sate taichan lainnya, Anda harus dapat meracik sambel yang enak. Lebih bagus lagi kalau bervariasi.

Misalnya ada varian sate taichan sambal tomat, sate taichan sambal matah, sate taichan cabe ijo, bahkan taichan mozarela.

Poin kedua yang wajib diperhatikan selanjutnya yaitu, lokasi yang strategis. Untuk memaksimalkan penjualan, kamu dapat melakukan kerja sama dengan platform ride hailing.

10. Rice Box

Rice Box biasanya berisi nasi dengan ragam lauk-pauk yang porsinya mengenyangkan, dan dikemas lebih praktis menggunakan kardus kertas.

Rice box digemari karena lauknya yang enak dan beragam, mulai dari suiran ayam sambal matah, kulit crispy saus blackpepper, salmon mentai, dan sebagainya.

Bagi Anda yang hobi mencoba resep masakan baru, bisnis rice box dapat menjadi pilihan terbaik.

Nah, itulah beragam inspirasi usaha kuliner paling laris di Indonesia yang dapat kamu coba. Apakah Anda tertarik untuk mulai berbisnis kuliner?

Bagi Anda yang ingin melakukan ekspansi bisnis tetapai kekurangan modal, jangan khawatir! Kini telah hadir JOINAN.

Sebagai penyelenggara investasi berbasis securities crowdfunding, JOINAN berkomitmen untuk mendukung program pemulihan ekonomi nasional pasca Covid-19, berkontribusi mewujudkan iklim ekonomi Indonesia yang lebih baik, menjadi alternatif pembiayaan untuk mendukung startup & UMKM naik kelas, serta solusi pintar untuk berinvestasi.

Wujudkan bisnis impianmu bersama JOINAN!


link daftar jadi partner JOINAN

JOINAN merupakan platform investasi berbasis securities crowdfunding. Melalui JOINAN kamu dapat berinvestasi pada beragam bisnis profitable, hingga mendapatkan alternatif pembiayaan untuk mengembangkan bisnismu.

Melalui mekanisme penerbitan efek yang akan JOINAN tawarkan kepada seluruh investor tanah air melalui website dan aplikasi yang dimiliki JOINAN.

Dengan satu platform kamu dapat menjadi investor maupun penerbit atau partner JOINAN! Klik link ini untuk informasi lebih lanjut.

cara daftar jadi partner joinan, buruan akses modal bisnis hingga 10 miliar!