Hari Perempuan Sedunia, Berikut Pengusaha Kosmetik Hebat Indonesia

120
Hari Perempuan Sedunia Berikut Pengusaha Wanita Sukses di Indonesia
Hari Perempuan Sedunia, International Women's Day.*/Photo by Alexandra Lammerink on Unsplash

Kata siapa perempuan nggak bisa jadi pengusaha sukses? bertepatan dengan Hari Perempuan Sedunia, yuk intip pengusaha perempuan sukses di Indonesia yang dapat menginspirasi kamu!

Tepat pada 8 Maret 2021, semarak International Women’s Day atau Hari Perempuan Sedunia diramaikan diseluruh penjuru negeri. Momentum ini diharapkan dapat menjadi titik temu kolaborasi perempuan se-Indonesia dan sedunia.

Bila mendengar kata ‘pengusaha’ tak jarang kita mengidentikannya dengan pekerjaan pria. Padahal berdasarkan hasil survei “Advancing Women in Entrepreneurship” yang dilakukan Google-Kantar menunjukan 49 perempuan melabelkan diri sebagai wirausahawan.

Dikutip dari bisnis.com 45 persen dari mereka berkata baru ingin berwirausaha, setidaknya 8 dari 10 perempuan yang sudah atau berniat berwirausaha menyatakan keinginannya meningatkan keterampilan dala menjalankan bisnis.

Dan perempuan di Indonesia mencatat angka tertinggi di Asia Tenggara yaitu 83 persen atas kesediaannya mengikuti pelatihan online.

Nah, bertepatan dengan Hari Perempuan Sedunia, hari ini kita akan membahas para pengusaha perempuan sukses di Indonesia yang tergolong milenial.

Penasaran dengan siapa saja sosok inspiratif ini? Simak selengkapnya ya!

Hari Perempuan Sedunia, Pengusaha Kosmetik Lokal Mendunia

Lizzie Parra – Founder BLP Beauty

Elizabeth Christina yang akrab disebut Lizzie Parra merupakan salah satu milenial hebat yang memulai karirnya sebagai seorang make up artist (MUA) selama 6 tahun.

Kecintaannya terhadap produk kosmetik rupanya mengantarkan ia menjadi pendiri brand kosmetik lokal dengan merek BLP Beauty.

Kini BLP Beauty telah berusia 5 tahun, sejak didirikan pada 2016 brand ini berkomitmen untuk menciptakan ragam warna-warna cantik yang merepresentasikan warna kulit masyarakat Indonesia. Kualitasnya pun mampu bersaing dengan produk internasional lho!

Priscilla Pangemanan – Co-founder SASC

Milenial cantik nan pintar kelahiran Semarang, 30 Januari 1987 lulusan accounting dari University Technology, Sydney, Australia ini merpakan salah satu dari tiga pendiri brand kosmetik SASC.

Bersama dengan Michelle Karli dan Felicia Senjaya, mereka mendirikan brand SASC pada 2017. Berkat kegigihannya, bisnisnya balik modal dalam kurun waktu satu tahun.

Brand SASC pun menjadi salah satu pilihan favorit perempuan Indonesia. Priscilla Pangemanan juga dinobatkan sebagai Best Inspiring & Creativity Women Award 2018 dari Indonesia Achievement Programme Management Award lho!

Takhanya itu, dalam menjalankan bisnisnya, SASC selalui menyisihkan 5 persen dari hasil penjualan untuk aksi sosial.

Dewi Kauw – Founder Skin Dewi

Kecintaannya terhadap produk organik dan upaya mencari solusi atas pengobatan putri tercintanya yang mengidap eksim, rupanya menjadikan Dewi menetapkan tujuan hidupnya sebagai cahaya terang untuk keberkahan banyak orang.

Hal tersebut ia realisasikan dengan mendirikan brand Skin Dewi sebagai solusi permasalah kulit orang banyak. Untuk mewujudkan impiannya itu, Dewi mengambil training dan memperdalam keilmuannya hingga ke Inggris dan Jerman lho!

Dewi percaya dengan komposisi bahan organik dan edukasi bagi pengguna dapat menyelesaikan permasalahan kulit sesuai dengan kebutuhannya.

Dinar Amanda – Co-founder Rollover Reaction

Siapa sih yang nggak kenal dengan brand lokal keren yang satu ini? Co-founder sekaligus marketing & creative direction Rollover Reaction yaitu Dinar Amanda. Siapa sangka, ternyata ia telah memulai bisnis kecantikannya sejak 2014.

Saat itu, umurnya masih tergolong fresh graduate yaitu 22 tahun tetapi Dinar berani terjun langsung melakukan riset dan kerja sama, yang tak jarang dipandang sebelah mata.

Namun, bukan Dinar kalau langsung kapok. Ia terus berusaha untuk mewujudkan impiannya hingga mampu menghadirkan salah satu brand lokal ternama.

Bahkan ia sukses mengubah persepsi publik atas brand kosmetik lokal lho!

Irene Ursula – Somethinc

Nah, brand skincare dan kosmetik lokal yang satu ini pasti sudah tidak asing di telingamu. Bahkan Somethinc termasuk dalam jajaran 50 besar tip brand di Indonesia sejajar dengan Indomie, Aqua, Maspion, dan brand besar lainnya di 2020 lho!

Sebelumnya Irene memulai bisnis Beautyhaul di tahun 2014, karena antusiasme wanita Indonesia terhadap kosmetik ia turut melebarkan sayapnya dan membangun brand Somethinc.

Irene percaya kepercayaan riset dan belajar dari 0 untuk membangun sebuah bisnis, bukan menjadi pengikut trend.

Nah, itulah pengusaha perempuan sukses di dunia kosmetik yang berhasil mengharumkan dan membuktikan bahwa produk lokal mampu bersaing di kancah internasionla.

Tak hanya itu, di umurnya yang masih tergolong milenial pun menjadi bukti akan kemampuannya beradaptasi, membaca peluang, dan mewujudkan impian di usia muda.

Selamat Hari Perempuan Sedunia! Tentunya kamu juga bisa mewujudkan impianmu seperti tokoh-tokoh di atas lho!


JOINAN merupakan platform investasi berbasis securities crowdfunding. Melalui JOINAN kamu dapat berinvestasi pada beragam bisnis profitable, hingga mendapatkan alternatif pembiayaan untuk mengembangkan bisnismu.

Melalui mekanisme penerbitan efek yang akan JOINAN tawarkan kepada seluruh investor tanah air melalui website dan aplikasi yang dimiliki JOINAN.

Dengan satu platform kamu dapat menjadi investor maupun penerbit atau partner JOINAN! Klik link ini untuk informasi lebih lanjut.

BACA JUGA: JAWAB INI SAAT DITANYA ‘EMANG MILENIAL BISA APA?’

Penulis: Mira Ayu Dwi Cahyani