Home Hobi dan Gaya Hidup Apa itu Mindset Orang Sukses dan Bagaimana Cara Penerapannya

Apa itu Mindset Orang Sukses dan Bagaimana Cara Penerapannya

102
apa itu mindset
Mindset Orang Sukses dan Cara Menerapkannya dalam Kehidupan Sehari-Hari.*/Freepik.com/created by jcomp

Kesuksesan merupakan harapan bagi semua orang, tapi tak banyak yang mengetahui bahwa salah satu kunci terpenting berada pada mindset. Nah, apa itu mindset? Selengkapnya akan kita bahas!

Mindset tak serta merta merupakan bawaan dari lahir, sebab dapat dibentuk seiring dengan berjalannya waktu, pengalaman, serta ilmu yang kita miliki.

Tiap orang memiliki makna sukses masing-masing. Namun, pasti memiliki beberapa kesamaan mindset untuk mewujudkan impiannya.

Apa itu Mindset?

Kata-kata motivasi kesuksesan
Photo by Hello I’m Nik on Unsplash

Mindset adalah rangkaian pemikiran atau pola pikir yang dibentuk oleh pengalaman, keyakinan dan kebiasaan yang mempengaruhi cara berpikir, perilaku, dan pandangan seseorang terhadap suatu hal termasuk dalam mengambil keputusan.

Seiring berkembangnya zaman, mindset pun perlu pembaharuan. Karena masalah yang hadir pada tiap zaman tentu berbeda dan solusi yang berbeda pula.

Contohnya, mindset sesepuh zaman pra kemerdekaan tentu berbeda dengan mindset para generasi Z dan generasi milenial di tahun 2021.

Tiap zaman memiliki kesulitannya masing-masing, bila masa kolonial manusia disibukkan dengan bagaimana caranya bertahan hidup di tengah gerilya.

Saat ini kita harus mampu bertahan di tengah masifnya penggunaan teknologi yang mampu memangkas banyak pekerjaan manusia.

Apalagi, jumlah masyarakat Indonesia yang tergolong sebagai generasi Z saat ini mencapai puncak tertinggi yaitu 27,94 persen dari total jumlah penduduk.

Berdasarkan hasil Sensus Penduduk 2020 yang dilakukan Badan Pusat Statistik, tercatat jumlah penduduk di Indonesia per September 2020 mencapai 270,2 juta jiwa.

Ini akan menjadi tantangan tersendiri bagi banyak perusahaan agar mampu beradaptasi dengan taste-nya generasi Z. Generasi Z juga harus mampu menjawab segala kebutuhan dan tantangan zaman.

Mindset sendiri pada umumnya dapat dibagi menjadi 2 yaitu:

Jenis-Jenis Mindset

1. Growth Mindset

Growth mindset yaitu pandanganmu terhadap dirimu untuk mampu berkembang dalam segala bidang dan terus belajar. Learn, re-learn, dan unlearn.

Orang dengan mindset tak menganggap kepintaran merupakan bakat dari lahir yang tidak dapat dipelajari. Mereka akan terus belajar dan berusaha untuk mewujudkan keinginannya.

Menurut psikolog Carol Dweck dalam bukunya Mindset: The New Psychology of Succes, ia menulis bahwa orang dengan growth mindset bisa meraih lebih banyak hal ketimbang orang dengan fixed mindset.

Lantas, apa itu fixed mindset?

2. Fixed mindset

Fixed mindset yaitu mindset yang stuck pada suatu pandangan bahwa kepintaran adalah bakat dari lahir, pun bila orang dengan fixed mindset memiliki kemampuan, biasanya ia malas untuk belajar dan mendalami kemampuannya karena menganggap sudah cukup.

Padahal, segala kemampuan yang dimiliki seseorang perlu penyesuaian dengan zaman. Nah, orang dengan fixed mindset biasanya lebih tertutup dengan perubahan.

Tapi tenang saja kok, mindset masih bisa diubah seiring berjalannya waktu. Yuk kita simak beragam tipsnya.

Kunci Mindset Orang Sukses

Mindset orang sukses
Photo by krakenimages on Unsplash

Setidaknya kamu harus memiliki beberapa mindset sebagai berikut:

1. Fokus

Untuk dapat menguasai suatu skill atau pengetahuan kini tak lagi sulit semenjak hadirnya internet, inilah yang dinamakan dengan era keberlimpahan. Akses terhadap informasi sangatlah luas, tinggal bagaimana kita memaksimalkannya saja.

Namun, era keberlimpahan juga menghadirkan masalah baru yaitu tingkat fokus yang menurun akibat banyaknya informasi yang bisa kita cerna.

Nah, di bawah ini terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan fokus:

  • Lakukan metode “Fully On” dan “Fully Of”

Saat berada dalam step Fully On maka hindari semua hal yang dapat mendistraksimu, seperti sosial media, mendengarkan lagu atau, televisi yang buat kamu malah jadi nonton film bukannya menyelesaikan pekerjaan. Nah, saat berada dalam fase Fully Of maka beristirahatlah secara total jangan lanjutkan pekerjaanmu.

  • Bagi Waktu untuk Tiap Jenis Pekerjaan

Jangan lakukan beragam hal sekaligus, multi tasking bukanlah hal yang mudah dan bisa buat kamu tidak fokus saat mengerjakan suatu hal. Baiknya kamu menjadwalkan apa yang harus kamu kerjakan dalam satu hari dan diberi tenggat waktu penyelesaian.

2. Komitmen

Siapa sangka bahwa komitmen merupakan salah satu mindset yang wajib kamu miliki. Komitmen berpengaruh terhadap target yang ingin kamu capai lho!

Berkomitmen bukan berarti harus meninggalkan pekerjaan atau goalsmu yang lain kok. Nah, berikut ini beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk menjaga komitmenmu.

  • Buat dan mulai dari hal terkecil

Komitmen pada projek berjangka 1 bulan, jangan langsung dibablas berdurasi 3-6 bulan apalagi yang menahun. Lalu bila projek terdekat belum selesai, jangan diganti dengan projek lainnya.

  • Jangan komitmen terhadap suatu hal yang tak dapat kamu tepati

Mulailah berkomitmen pada hal yang memang kamu sanggup tepati, jangan berkomitmen pada hal yang kamu sendiri ragu atau setengah-setengah.

  • Masukan hal-hal tak terduga didalam rencana komitmen

Misalnya kamu berkomitmen untuk nge-gym tiap weekend, tapi bagaimana bila kamu sakit? Nah, untuk menjaga semangat komitmenmu, masukan hal-hal tak terduga seperti sakit sebagai pengecualian untuk tidak nge-gym.

Nanti kalau sudah sembuh yaa mulai lagi nge-gymnya ya!

  • Jadikan komitmen sebagai sebuah skill

Jangan banyak alasan, komitmen merupakan skill yang harus dibangun dalam jangka waktu panjang.

3. Maksimalkan Penggunaan Waktu

Tahukah kamu, menurut Ron Friedman seorang psikolog spesialis motivasi manusia momen yang paling berharga dalam mengoptimalkan produktifitas yaitu 3 jam pertama dalam harimu.

Hal ini sesuai dengan riset bahwa otak manusia berada dalam kondisi prima setelah bangun tidur, karena di 3 jam pertama tersebut otak masih fresh dan kita masih memiliki banyak energi untuk berkonsentrasi dan berkreatifitas.

Berikut tips untuk memaksimalkan 3 jam pertamamu:

  • Lakukan meeting pada pagi hari.
  • Usahakan di 3 jam pertamamu tak banyak mengonsumsi informasi apalagi cek sosial media.
  • Fokuslah bekerja dengan menghasilkan sesuatu (output) bukan (input).
  • Buat to-do list untuk kegiatan hari ini atau journaling untuk menumpahkan segala hal yang ada dalam pikiranmu.
  • Kamu bisa melakukan olahraga, ibadah atau meditasi agar semakin relax dan bersemangat.

Cinta Diri Sendiri

Mungkin terdengar klise atau seringkali kita beranggapan bahwa kita benar-benar mencintai diri sendiri tapi dalam kenyataannya berbeda. Tahukah kamu, dampak mencintai diri sendiri sangatlah besar yaitu kita bisa menentukan apa yang menjadi prioritas, apa tujuan kita dan tak mudah terdistraksi.

Berikut tips untuk cinta dengan dirimu sendiri:

  • Evaluasi

Lakukan evaluasi bagaimana kamu menghabiskan waktumu selama ini? Kamu bisa memilah kegiatan apa saja yang kamu lakukan selama ini secara impulsif dan mana yang kamu kerjakan dengan kesadaran penuh.

  • Puasa sosmed

Coba deh matiin hp-mu sejenak atau kalau takut tiba2 dihubungi mendadak untuk hal darurat, log out handphone-mu dari media sosial. Lalu ganti kegiatanmu dengan bercengkrama bersama keluarga atau sahabat, bermain dengan hewan peliharaan, membaca buku atau mendalami hobimu.

4. Learn, Re-learn, Unlearn

Ilmu yang menurut kita relevan pada saat ini bukan berarti tidak akan berkembang. Skill yang kita miliki saat ini, tak selamanya akan terus relevan. Pekerjaan yang saat ini kita kerjakan belum tentu tetap ada hingga masa yang akan datang.

Maka dari itu, teruslah belajar untuk mengembangkan skill yang kamu miliki.

Itulah mindset orang sukses yang harus kamu miliki, jadi mulai sekarang jangan berpikir kalau mindset merupakan bawaahn adari lahir ya!

Apakah kamu sudah memahami apa itu mindset? Yuk mulai ubah midsetmu untuk pengembangan diri ke arah yang lebih baik!

Bagi kamu pengusaha yang ingin mengembangkan bisnismu sekarang gak perlu pusing. Melalui JOINAN platform investasi berbasis securities crowdfunding, kamu dapat mengakses modal untuk mengembangkan bisnismu dengan menerbitkan sebagian saham bisnismu.

Sebagai penyelenggara investasi berbasis securities crowdfunding, JOINAN berkomitmen untuk mendukung iklim ekonomi Indonesia yang baik, menjadi alternatif pembiayaan untuk mendukung UMKM naik kelas, dan solusi pintar untuk berinvestasi.

Mulai investasi atau ekspansi bisnismu bersama kami!


JOINAN merupakan platform investasi berbasis securities crowdfunding. Melalui JOINAN kamu dapat berinvestasi pada beragam bisnis profitable, hingga mendapatkan alternatif pembiayaan untuk mengembangkan bisnismu.

Melalui mekanisme penerbitan efek yang akan JOINAN tawarkan kepada seluruh investor tanah air melalui website dan aplikasi yang dimiliki JOINAN.

Dengan satu platform kamu dapat menjadi investor maupun penerbit atau partner JOINAN! Klik link ini untuk informasi lebih lanjut.

Baca juga: INGIN BUKA KEDAI KOPI? SIMAK TIPS BISNIS KOPI SELENGKAPNYA

(GH/MA)