Home Keuangan Mengenal Apa itu Agio Saham dalam Dunia Investasi

Mengenal Apa itu Agio Saham dalam Dunia Investasi

48
pengertian agio saham
Penjelasan Umum Agio Saham.*/Photo by Tech Daily on Unsplash

Kenali istilah berikut ini sebelum mulai berinvestasi saham. Pelajari selengkapnya apa itu agio saham!


Apa itu Agio Saham?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), agio adalah selisih lebih antara hasil penjualan saham pada waktu emisi dan nilai nominalnya.

Apa yang dimaksud dengan agio saham? Sederhananya, agio saham adalah total kekayaan bersih milik perusahaan yang merupakan hasil dari penjualan saham di atas nilai nominalnya.

Dengan kata lain, agio saham adalah selisih lebih setoran pemegang saham di atas nilai nominal saham perusahaan.

Nilai agio saham didapat dari selisih lebih harga jual, dan harga perdana. Berikut contoh agio saham:

Harga saham perusahaan A per lembar yaitu Rp 5.000, harga pari (nilai nominal) saham tersebut yaitu Rp 3.000 per lembar. Maka, agio sahamnya yaitu selisih lebihnya yaitu Rp 2.000.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 94 Tahun 2010, agio saham bukan merupakan objek pajak.

Nilai agio biasanya dicantumkan pada laporan keuangan perusahaan. Selain agio, terdapat istilah lainnya yaitu disagio.

Disagio saham adalah kebalikan dari agio saham, yaitu selisih kurang setoran pemegang saham antara harga jual dengan harga belinya.

Perbedaan Agio Saham dengan Capital Gain

Meski sama-sama selisih harga jual dengan harga perdana saham. Rupanya agio saham berbeda dengan capital gain.

Namun, tak sedikit yang belum dapat membedakannya. Berikut hal yang dapat kamu jadikan patokan perbedaan antara agio saham dengan capital gain.

Agio Saham

Agio saham berasal dari perbedaan harga nominal dengan harga perdana. Harga nominal adalah harga saham yang ditetapkan oleh emiten (perusahaan penerbit).

Besaran nominal agio saham sepenuhnya merupakan hak emiten. Nah, harga saham perdana yaitu harga saham sebelum dicatat di bursa efek. Harga perdana lahir dari kesepakatan penjamin emisi dan emiten.

Selisih lebih agio saham ini tidak masuk ke kantong investor, melainkan masuk ke kas emiten.

Capital Gain

Capital gain adalah selisih lebih yang diperoleh dari harga jual dan harga beli suatu saham di pasar sekunder. Bisa juga selisih harga beli saham di pasar perdana dengan harga jual di pasar sekunder.

Capital gain seluruhnya menjadi keuntungan yang dinikmati oleh pemegang saham/investor.

Jenis-Jenis Agio Saham

1. Agio Biasa

Agio biasa adalah selisih harga jual saham dengan harga nominalnya. Misalnya, harga nominal suatu saham di jual Rp 3.000 per lembarnya lalu dijual Rp 5.000 per lembar, maka terdapat selisih Rp 2.000.

Nah, nilai Rp 2.000 agui saham.

2. Agio Treasury

Saham treasury biasa dikenal dengan sebutan buyback. Yaitu saham yang dibeli kembali oleh perusahaan penerbitnya.

Pembelian saham dilakukan untuk disimpan dan dijual dikemudian hari dengan harga yang lebih tinggi atau rendah. Bila saham treasury dijual lagi dengan harga lebih tinggi, maka keuntungan atau selisihnya dinamakan agio treasury.

Nah, itulah penjelasan tentang apa itu agio saham. Apakah kamu sudah memahami apa itu agio saham?

Selain berinvestasi dengan cara membeli saham yang melantai di Bursa Efek Indonesia, kini kamu bisa lho berinvestasi dengan cara membeli saham UMKM.

Caranya yaitu melalui platform investasi berbasis securities crowdfunding.

Sebagai penyelenggara investasi berbasis securities crowdfunding, JOINAN berkomitmen untuk mendukung program pemulihan ekonomi nasional pasca Covid-19, berkontribusi mewujudkan iklim ekonomi Indonesia yang lebih baik, menjadi alternatif pembiayaan untuk mendukung startup & UMKM naik kelas, serta solusi cerdas untuk berinvestasi.

Mulai investasi bersama kami!


link daftar jadi investor di Joinan

JOINAN merupakan platform investasi berbasis securities crowdfunding. Melalui JOINAN kamu dapat berinvestasi pada beragam bisnis profitable, hingga mendapatkan alternatif pembiayaan untuk mengembangkan bisnismu.

Melalui mekanisme penerbitan efek yang akan JOINAN tawarkan kepada seluruh investor tanah air, melalui website dan aplikasi yang dimiliki JOINAN.

Dengan satu platform, kini kamu dapat menjadi investor, maupun penerbit atau partner JOINAN! Klik link ini untuk informasi lebih lanjut.

MENGENAL APA ITU LABA DITAHAN DAN LABA TAHUN BERJALAN