Home Bisnis Model Bisnis Franchise vs Kemitraan, Lengkap Beserta Contohnya!

Model Bisnis Franchise vs Kemitraan, Lengkap Beserta Contohnya!

144
bisnis franchise vs kemitraan
Perbedaan Bisnis Franchise dan Kemitraan.*/Photo by Shawn Ang on Unsplash

Model Bisnis Franchise vs Kemitraan – Ada banyak model bisnis yang dapat kamu coba untuk mewujudkan bisnismu. Beberapa di antaranya yang mudah dilakukan yaitu menjadi bagian dari bisnis franchise dan bisnis kemitraan. Namun, banyak dari kita yang menganggap keduanya sama.

Padahal antara bisnis franchise dan bisnis kemitraan terdapat perbedaan fundamental. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas perbedaan di antara keduanya agar menjadi pertimbangan yang matang untukmu. Simak selengkapnya ya!

Apa itu Franchise?

Kata franchise berasal dari bahasa Prancis, fyang bermakna menjual produk atau jasa. Sederhananya, franchise adalah sistem bisnis atau kerja sama antara pembeli waralaba (franchisor) dengan penerima waralaba (franchisee).

Bagaimana sistem bisnis franchise? Franchisee memiliki hak untuk menggunakan nama, merek dagang produk berbentuk barang atau jasa, termasuk sistem usahanya. Sehingga franchisee mendapat keuntungan dari hasil usahanya dan franchisor mendapatkan timbal balik berupa royalty fee atau distribution fee.

Tetapi, tidak semua bisnis yang sudah berdiri dapat bertransformasi menjadi bisnis franchise. Ada tahapan yang perlu dilalui seperti mengurus Surat Tanda Pendaftaran Waralaba (STPW) yang dikeluarkan Kementerian Perdagangan.

Lalu, harus memiliki sertifikat merek sebagai bukti Hak Kekayaan Intelektual (HAKI). Hal ini dilakukan agar merek yang diperdagangkan bukan merupakan hasil jiplak perusahaan lain.

Keunggulan Bisnis Franchise

Guna memutuskan model bisnis dengan bijak, berikut beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan. Keunggulan dan kelebihan dari bisnis franchise perlu kamu pahami lebih lanjut agar bisnismu dapat terus berkembang.

Manajemen Bisnis Franchise Sudah Matang

Salah satu keuntungan yang tidak bisa kita pungkiri dari bisnis franchise yaitu manajemen bisnisnya sudah matang. Hal ini karena bisnis franchise biasanya sudah berjalan dalam jangka waktu yang cukup lama dan biasanya dipimpin oleh orang-orang yang sudah paham betul sepak terjang bisnis dan marketnya.

Lebih enaknya lagi, kamu tidak perlu ribet urus segala hal dari awal. Bisnis franchise hanya perlu kesiapan kamu untuk membayar sejumlah dana kepada franchisor setelah itu kamu siap untuk buka outlet di lokasi yang telah kamu tentukan.

Support dari Franchisor

Seperti yang kita ketahui, karena nama dan merek dari tiap produk berupa barang atau jasa yang ditawarkan sama. Maka seluruh standar operasional di tiap outlet sama juga. Jadi, franchisor pasti sangat memperhatikan reputasi dari merek dagangnya.

Karena itulah franchisor sering membuat pelatihan atau evaluasi bagi para franchisee agar kualitasnya tetap terjaga.

Brandnya Sudah Terkenal

Contoh sederahananya yaitu, bila kamu franchise Golden Lamian dan membuka outletnya di suatu mall. Otomotais kamu tidak perlu melakukan branding ke konsumen mengenai hadirnya outletmu karena franchisor selaku perusahaan induk sudah melakukannya untukmu.

Berkat itu juga, calon pelanggan sudah tahu kualitas produk dan segala hal tentang merek yang kamu jual.

Kelemahan Bisnis Franchise

Selain memiliki keunggulan, tentunya setiap model bisnis juga memiliki kelemahan. Jadikan kelemahan di bawah ini sebagai pertimbangan dan tantanganmu untuk mulai bisnis franchise ya!

Inovasi Bertumpu Pada Franchisor

Segala produk yang dilahirkan oleh bisnis franchise merupakan hasil inovasi dan pertimbangan yang matang dari pihak franchisor. Hal ini dilakukan agar produk tersebut sesuai dengan target market yang diincar.

Inilah sebabnya kenapa kewenangan pengembangan produk hanya dimiliki oleh franchisor dan franchisee tidak dapat semata-mata berinovasi

Eksklusifitas Tinggi

Meskipun pasar bisnis franchise sangat potensial, karena para franchisee tidak dapat terus berinovasi menghadirkan produk baru, terkadang produk yang diluncurkan di suatu daerah tidak cocok dengan perilaku konsumen.

Hal ini yang membuat kebijakan franchisee tidak begitu fleksibel mengikuti perilaku konsumen di tiap daerah.

Royalty Fee & Distribution Fee

Seperti yang telah kita singgung di atas, kamu tidak dapat menikmati 100% keuntungan bisnismu karena harus membayar biaya yang disepakati dalam perjanjian.

Nah, itulah pengertian dari bisnis franchise berikut dengan keunggulan dan kelemahannya. Yuk kita masuk ke topik bisnis kemitraan!

Kumpulan Bisnis Franchise

Golden Lamian

Untuk info franchise Golden Lamian lebih lanjut, baca di sini.

Hey! Kafe

Untuk info franchise Hey! Kafe lebih lanjut, baca di sini.

Joomba

Untuk info franchise Joomba lebih lanjut, baca di sini.

He Cha

Untuk info franchise boba He Cha lebih lanjut, baca di sini.

Astro Boba

Untuk info franchise Astro Boba lebih lanjut, baca di sini.

Apa itu Bisnis Kemitraan?

Bisnis kemitraan adalah bisnis yang dijalankan dengan sebuah hubungan atau jalinan kerja sama antara dua pihak atau lebih dalam jangka waktu tertentu dengan tujuan meraih keuntungan bersama.

Pada model bisnis ini, saling membutuhkan dan saling melengkapi antar mitra merupakan kunci berkembangnya bisnis ini. Secara sederhana, bisnis kemitraan memiliki banyak pemilik dan masing-masing mitra menanamkan modalnya.

Namun, pembagian tugas dan partisipasi mitra atau masing-masing pemilik telah dibatasi sesuai dengan perjanjian.

Keunggulan Bisnis Kemitraan

Berikut keunggulan bisnis kemitraan dibanding franchise yang perlu kamu pahami lebih lanjut.

Dapat Didirikan Secara Non-Formal

Bisnis kemitraan dapat didirikan dan dijalankan secara non formal lho, maksudnya tidak harus selalu berbentuk formal dan berbadan hukum. Meskipun akan lebih aman dan nyaman bila sesuai dengan ketentuan hukum.

Namun, pastikan bisnis kemitraan yang kamu tekuni memiliki perjanjian hitam di atas putih demi perlindungan hak mitra.

Mitra Saling Support

Pembagian jobdesc dan pekerjaan secara profesional pastinya akan memudahkan bisnismu untuk scale up dan branch up. Namun, karena sudah terbiasa memulai pekerjaan dari 0, para mitra akan saling support dan saling melengkapi satu sama lain. Ada rasa kekeluargaan di dalam jalinan bisnis.

Modal Lebih Cepat Terpenuhi

Seperti yang kita tahu, para mitra melakukan penyuntikkan modal untuk mendanai bisnis tersebut. Besaran jumlah dana yang disuntikkan sudah disepakati sebelumnya. Seperti halnya patungan, hal ini akan memudahkan bisnis kemitraan untuk memenuhi modal bisnisnya.

Kelemahan Bisnis Kemitraan

Kewajiban Ditanggung Bersama

Tidak hanya keuntungan dan aset yang dinikmati bersama, dalam bisnis kemitraan utang dan risiko kerugian pun ditanggung antar mitra. Begitu pula bila bisnis yang sedang dijalani mengalami kerugian dan risiko-risiko lainnya, kamu harus siap untuk menanggung utang tersebut juga. Kecuali sudah diperjanjikan sejak awal.

Keluar dari Kemitraan = Cari Pengganti Baru

Bila ada satu anggota kemitraan yang mengundurkan diri dari bisnis, biasanya ia akan diminta untuk cari penggantinya. Namun, hal ini cukup sulit karena tidak banayk orang yang berminat. Banyak pertimbangannya seperti kecocokan antar mitra, visi dan misi bisnis, dan sebagainya.

Maka dari itu, seringkali bisnis kemitraan akan bubar dengan sendirinya.

Kendali Bisnis Terbagi

Dalam bisnis kemitraan, segala keputusan yang menyangkut masa depan bisnis tidak dapat diputuskan sepihak. Para mitra harus tahu duduk perkaranya, dan mencari jalan keluar bersama.

Hal ini akan memakan waktu dan rawan memancing konflik internal.

Contoh Bisnis Kemitraan

Kopi Koccok

Untuk info kemitraan Kopi Kocco lebih lanjut, baca di sini.

Kopi Dari Hati

Untuk info kemitraan Kopi Dari Hati lebih lanjut, baca di sini.

Foodpedia

Untuk info kemitraan Foodpedia lebih lanjut, baca di sini.

Kopinang Kau Hari Ini

Untuk info kemitraan Kopinang Kau Hari ini lebih lanjut, baca di sini.

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai bisnis franchise vs kemitraan yang dapat kamu jadikan pertimbangan untuk memulai bisnis. Apakah kamu sudah menentukan pilihanmu?

Sebagai penyelenggara investasi berbasis securities crowdfunding, JOINAN berkomitmen untuk mendukung program pemulihan ekonomi nasional pasca Covid-19, berkontribusi mewujudkan iklim ekonomi Indonesia yang lebih baik, menjadi alternatif pembiayaan untuk mendukung startup & UMKM naik kelas, serta solusi pintar untuk berinvestasi.

Mulai investasi atau ekspansi bisnismu bersama kami!


JOINAN merupakan platform investasi berbasis securities crowdfunding. Melalui JOINAN kamu dapat berinvestasi pada beragam bisnis profitable, hingga mendapatkan alternatif pembiayaan untuk mengembangkan bisnismu.

Melalui mekanisme penerbitan efek yang akan JOINAN tawarkan kepada seluruh investor tanah air melalui website dan aplikasi yang dimiliki JOINAN.

Dengan satu platform kamu dapat menjadi investor maupun penerbit atau partner JOINAN! Klik link ini untuk informasi lebih lanjut.

baca juga: 10 ide bisnis untuk mahasiswa yang menguntungkan

Penulis: Mira Ayu Dwi Cahyani