Home Keuangan Cara Investasi Saham di Securities Crowdfunding

Cara Investasi Saham di Securities Crowdfunding

198
Mulai investasi saham di Securities Crowdfunding JOINAN
Investasi saham semakin mudah melalui platform Securities Crowdfunding JOINAN

Selain membeli saham yang melantai di Bursa Efek Indonesia, kini kamu bisa melakukan investasi saham di securities crowdfunding lho!


Apa itu Securities Crowdfunding?

Securities Crowdfunding (SCF) adalah skema alternatif pembiayaan bagi UMKM dengan cara patungan dari banyak pemodal melalui skema penawaran efek yang dilaksanakan secara online via website dan aplikasi.

Investasi crowdfunding melahirkan hubungan yang saling menguntungkan antara pelaku UMKM dengan investor. Si pelaku UMKM mendapatkan modal untuk melakukan ekspansi bisnis, dan investor mendapat bagi hasil secara berkala.

Kamu gak perlu khawatir, securities crowdfunding kini telah legal di Indonesia sejak diresmikan oleh Presiden Jokowi pada 4 Januari 2021 lalu. Selain itu sudah diatur pula POJK securities crowdfunding dengan Nomor 57/POJK.04/2020 tentang Penawaran Efek Melalui Layanan Urun Dana Berbasis Teknologi Informasi.

Baca juga: Perbedaan Securities Crowdfunding dan Equity Crowdfunding

Salah satu penyelenggara investasi berbasis securities crowdfunding di Indonesia yaitu JOINAN. Melalui JOINAN, kamu dapat memiliki saham beragam bisnis profitable yang telah dikurasi.

Sebagai penyelenggara, JOINAN memiliki peran antara lain sebagai berikut:

  • Melakukan uji kelayakan terhadap bisnis yang membutuhkan akses pembiayaan sebelum melakukan penerbitan saham.
  • Melaksanakan proses penawaran saham bisnis yang lulus seleksi di platform JOINAN.
  • Membuat administrasi pembagian dividen hasil kegiatan usaha kepada tiap investor.
  • Memberikan laporan keuangan yang transparan secara berkala kepada regulator dan investor.

Biar gak makin penasaran, yuk kita bahas gimana caranya investasi saham di securities crowdfunding.

Cara Investasi Saham di Securities Crowdfunding

cara investasi di securities crowdfunding
Photo by MayoFi on Unsplash

1. Pendaftaran User

Karena seluruh proses transaksi dilakukan secara online melalui website dan aplikasi. Kamu diwajibkan memenuhi semua syarat yang tertera pada web dan aplikasi JOINAN.

Hal ini dilakukan agar seluruh proses berjalan dengan aman, tenang aja JOINAN melakukan upaya pengamanan datamu kok.

2. Pemilihan Bisnis

Setelah membuat akun, kamu dapat memilih beragam bisnis yang terdapat pada page investasi. Silahkan klik tombol ‘investasi‘ yang terdapat di Homepage JOINAN.

Kemudian, kamu tinggal scroll ke bawah untuk melihat beragam bisnis yang kamu sukai. Untuk informasi yang lebih detail tentang bisnis tersebut, silahkan klik bisnisnya.

Pada page informasi bisnis, kamu akan mendapatkan beragam data seperti:

  • Total dana yang dibutuhkan.
  • Total dana yang sudah terkumpul.
  • Persentase saham yang tersisa.
  • Jumlah investor yang telah menuruh dana di dalam bisnis tersebut.
  • Batas waktu penawaran saham yang tersisa

Kemudian, terdapat tombol ‘beli‘, ‘unduh proposal‘ dan share untuk membagikan berita penawaran saham bisnis kepada kerabat atau keluarga.

Bila kamu klik tombol ‘beli‘ maka kamu membeli saham bisnis tersebut, nantinya kamu akan diarahkan untuk melakukan ‘payment‘ atau pembayaran.

Namun, sebelum melakukan pembelian baiknya kamu memilih tombol ‘unduh proposal‘. Nantinya kamu akan mendapatkan prospektus bisnis yang kamu pilih.

Prospektus tersebut berisi tentang informasi keberlangsungan usaha tersebut, mulai dari company profile, jumlah saham yang dilepas, profil pemilik bisnis, risiko usaha, hingga dividen yield-nya.

Kamu juga dapat melihat foto-foto bisnis, cinematic video bisnis tersebut, hingga kolom diskusi dengan penerbit atau pelaku bisnis.

Melalui kolom diskusi, kamu dapat bertanya langsung kepada si penerbit mengenai bisnisnya dan segala hal yang berkaitan dalam pengambilan keputusanmu untuk membeli saham bisnisnya.

3. Konfirmasi Pembelian

Kemudian, bila kamu sudah yakin untuk membeli saham bisnis tersebut silahkan klik tombol ‘beli‘. Kamu akan diarahkan untuk melakukan konfirmasi pembelian.

Pada page konfirmasi pembelian, kamu akan mendapatkan data seperti:

  • Nama bisnis
  • Jangka waktu pembagian dividen
  • Dividen yield
  • Jangka waktu balik modal dari si penerbit
  • Jumlah nilai saham yang akan dibeli dan pilihan metode pembayaran

4. Centang Box Bertuliskan ‘Saya Telah Membaca dan Menyetujui Perjanjian Pembelian Saham yang Berlaku’

5. Klik Tombol ‘Beli’

Kemudian akan tampil Pop Up berisikan ‘konfirmasi Pembelian‘. Di dalam page ini berisi nama bisnis, nilai total yang harus dibayarkan, dan tombol ‘Konfirmasi Pembelian‘.

6. Tahap Terakhir, Klik Tombol ‘Konfirmasi Pembelian’

Tahap terakhir ini berisikan info detail pembelian seperti:

  • Jumlah uang yang harus dibayarkan.
  • batas waktu transfer.
  • nomor transaksi.
  • himbauan untuk mengirim jumlah nominal sesuai dengan biaya yang tertera termasuk 3 (tiga) digit kode unik di belakang.

No rekening tersebut pun atas nama PT Joinan Kapital Indonesia.

7. Pilih Metode Pembayaran

Terdapat tiga cara, yaitu:

  • Virtual account.
  • pembayaran manual.
  • pembayaran menggunakan layanan digital seperti uang elektronik dan digital banking.

8. Konfirmasi Pembayaran

Konfirmasi dilakukan secara manual oleh user dengan memverifikasi data pembayaran melalui template yang disediakan oleh Business Account JOINAN. Template tersebut berisikan:

  • Email user dalam platform JOINAN.
  • Nama bisnis yang sahamnya dibeli.
  • Jumlah uang yang harus ditransfer.
  • Nama dan nomor rekening yang digunakan untuk melakukan pembayaran.

Setelah itu, tim JOINAN akan melakukan verifikasi dan mengubah status ‘pemesanan‘ menjadi ‘pembayaran berhasil‘, dan pembelian saham sukses.

Apa Keuntungan Investasi di Platform Securities Crowdfunding?

keuntungan investasi securities crowdfunding
Photo by Micheile Henderson on Unsplash

Berikut beragam keuntungan berinvestasi melalui platform securities crowdfunding JOINAN.

  • Bisnis yang ditawarkan berkualitas

Bisnis yang listing di JOINAN merupakan bisnis yang mampu bersaing di dalam maupun luar negeri.

  • Kategori bisnis yang beragam

Terdapat lebih dari 10 kategori bisnis yang dapat melakukan penawaran saham di JOINAN, banyaknya pilihan akan memudahkanmu untuk memilih bisnis mana yang menurutmu cuan dan sesuai dengan idealismemu.

  • Efek yang ditawarkan beragam

Selain saham, JOINAN juga memberikan alternatif efek yang dapat dipilih penerbit dan investor seperti saham syariah, SUKUK, obligasi dan obligasi konversi.

Ragam efek ini memudahkan penerbit untuk memilih instrumen yang sesuai dengan kemampuan manajemen risiko dan keadaan finansialnya, begitu juga dengan investor.

Dengan adanya saham syariah dan SUKUK kini kamu dapat melakukan investasi syariah melalui platform kamu.

  • Harga sahamnya ramah di kantong.

Kami percaya bahwa masa depan bangsa berada di tangan pemuda, guna memaksimalkan potensi bonus demografi kami menawarkan harga saham yang dapat dijangkau kaum milenial dan generasi Z.

  • Kemudahan berinvestasi hanya dalam satu platform.

Aksesnya mudah melalui website dan aplikasi yang dapat diunduh di smartphone-mu sehingga dapat dilakukan di mana saja da kapan saja.

Selain saham, kamu dapat berinvestasi dalam beragam instrumen investasi lainnya seperti saham syariah, sukuk, obligasi dan obligasi konvensional.

  • Legalitas

JOINAN telah bekerja sama dengan Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), sehingga tiap efek yang kamu miliki tercatat denganengan bukti kepemilikan yang sah melalui penitipan saham kolektif pada KSEI secara resmi.

Selain itu, kamu dapat mengakses laporan keuangan melalui prospektus yang tersedia sebelum kamu memutuskan untuk membeli saham suatu bisnis.

Tak hanya itu, kamu juga dapat mengakses laporan keuangan suatu bisnis yang diperbaharui secara berkala untuk memantau kinerja bisnis yang sahamnya kamu miliki.

Nah, itulah cara investasi securities crowdfunding. Apakah kamu tertarik untuk mulai berinvestasi?

Sebagai penyelenggara investasi berbasis securities crowdfunding, JOINAN berkomitmen untuk mendukung iklim ekonomi Indonesia yang baik, menjadi alternatif pembiayaan untuk mendukung UMKM naik kelas, dan solusi pintar untuk berinvestasi.

Mulai investasi atau ekspansi bisnismu bersama kami!

daftar jadi investor UMKM di JOINAN

JOINAN merupakan platform investasi berbasis securities crowdfunding. Melalui JOINAN kamu dapat berinvestasi pada beragam bisnis profitable, hingga mendapatkan alternatif pembiayaan untuk mengembangkan bisnismu.

Melalui mekanisme penerbitan efek yang akan JOINAN tawarkan kepada seluruh investor tanah air melalui website dan aplikasi yang dimiliki JOINAN.

Dengan satu platform kamu dapat menjadi investor maupun penerbit atau partner JOINAN! Klik link ini untuk informasi lebih lanjut.

baca juga: 5 alasan sederhana kenapa milenial harus mulai investasi

(KEU/MA)