Home Hobi dan Gaya Hidup Profil Dirut Pertamina Nicke Widyawati, Kartini Masa Kini

Profil Dirut Pertamina Nicke Widyawati, Kartini Masa Kini

112
Profil Dirut Pertamina
Ibu Nicke Widyawati via instagram @nicke_widyawati

Dikutip dari Kompas.com pada 29 Maret 2021 dini hari pukul 00.45 WIB terjadi ledakan besar kilang minyak milik Pertamina di Balongan, Indramayu, Jawa Barat. Ledakan ini menghasilkan kebakaran yang sangat besar sehingga seluruh langit Balongan menjadi warna merah. Dirut Pertamina Nicke Widyawati angkat suara.

Melansir CNBC Indonesia, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menjelaskan bahwa kebakaran terjadi pada pukul 00.45 WIB dini hari, kebakaran besar tersebut terjadi di tanki T301 area kilang balongan.

Sebagai bentuk antisipasi menjalarnya kebakaran, Pertamina langsung melakukan normal shutdown pada kilang itu. Nicke pun menjelaskan bahwa penyebab ledakan belum diketahui pasti dan masih membutuhkan investigasi dengan bantuan pihak berwenang.

Selain itu, ledakan kilang minyak Pertamina juga mengakibatkan jatuhnya korban. Sebanyak 4 warga harus dilarikan ke rumah sakit akibat mengalami luka bakar. Saat insiden terjadi, warga tersebut pas melintas di sekitar kilang minyak.

Dirut Pertamina Nicke Widyawati pun menyampaikan permohonan maaf kepada warga sekitar dan menghimbau warga untuk tetap tenang dan menjauhi lokasi kebakaran.

Pemblokiran jalan pun tidak terhindarkan guna mencegah bertambahnya korban dan sebagai bentuk prioritas keselamatan masyarakat.

Nicke juga menjelaskan bahwa Pertamina sudah melakukan evauasi terhadap warga ke posko pengungsian, dan sebagian warga sudah kembali ke rumahnya.

Seperti yang kita ketahui, Nicke Widyawati menjadi Dirut Pertamina sejak 29 Agustus 2018. Ia merupakan lulusan teknik industri Institut Teknologi (ITB) tahun 1991 dan Universitas Padjajaran tahun 2019.

Bahkan ia mendapatkan penghargaan Women’s Work of Female Grace dari Indonesia Asia Institute pada 2013.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas profil Dirut Pertamina Nicke Widyawati, seorang wanita hebat yang mampu menjabat sebagai Dirut Pertamina kurang dari 1 tahun jabatannya sebagai Direktur Sumber Daya Manusia.

Profil Dirut Pertamina Nicke Widyawati

Lahir di Tasikmalaya, Jawa Barat pada 25 Desember 1967 Nicke Widyawati merupakan pasangan dari Fitryansyah.

Dirut Pertamina
Nicke Widyawati via Instagram @nicke_widyawati

Nicke Widyawati menempuh pendidikan Sekolah Menengah Atas-nya di SMA Negeri 1 Tasikmalaya dan melanjutkan jenjang pendidikannya ke perguruan tinggi Institut Teknologi Bandung & Universitas Padjajaran dengan jurusan hukum bisnis.

Nicke Widyawati telah bekerja sejak usia 21 tahun dan memiliki beragam pengalaman di BUMN. Ia pernah menjadi direksi di PT PLN sebagai Direktur Pengadaan Strategis 1 PLN.

Pernah dipercaya sebagai Direktur Utama PT Mega Eltra dan Direktur Bisnis PT Rekayasa Industri serta Vice President Corporate Strategy Unit di perusahaan yang sama.

Sebelumnya pada tahun 2017 Nicke menjabat sebagai Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) dan merangkap sebagai Plt Direktur Logistik, Supply Chain & Infrastruktur Pertamina

Pada tahun 2018, Nicke Widyawati ditunjuk sebagai Pelaksana tugas (Plt) Direktur Utama sekaligus Direktur Sumber Daya Manusia (SDM).

Saat ini, Nicke Widyawati masih menjabat sebagai Direktur Utama Pertamina menggantikan Elia Massa Manik.

Penghargaan Nicke Widyawati

Pada tahun 2013 ia memenangkan Anugerah Perempuan Indonesia dari Kementerian BUMN dan menyabet penghargaan Women’s Work of Female Grace dari Indonesia Asia Institute.

Tak hanya itu, majalah Fortune menempatkan Dirut Pertamina Nicke Widyawati pada peringkat 16 dari 50 Perempuan Paling berpengaruh di Dunia (Most Powerful Women International) pada 2020.

Fortune juga menempatkan Dirut Pertamina Nicke Widyawati lebih unggul dari CEO persuahaan global lainnya seperti Temasek (BUMN terbesar di Singapura), Shell (perusahaan migas asal Belanda), CEO Unilever, PepsiCo, Novartis, Puma Energy, Starbucks, Morgan Stanley, dan sebagainya.

Fortune menilai dari kemampuan Nicke dengan menghasilkan revenue tahunan yang mencapai lebih dari USD 54,6 miliar dan memimpin 32.000 pekerja di seluruh dunia.

Selain itu, Fortune menganggap Nicke mampu melakukan inovasi dalam mengendalikan perusahaan selama pandemi Covid-19 agar dapat menekan kerugian dan menjadikan kinerja perusahaannya lebih baok dibanding perusahaan migas global lainnya.

Fakta Menarik Nicke Widyawati

Nicke Widyawati memenuhi persyaratan untuk menjadi seorang dirut BUMN. Lolos independent audit atau assessment dari assessor, rekam jejak kandidat dan evaluasi kinerja.

Seperti yang telah disebutkan di atas, ia juga memiliki pengalaman di berbagai BUMN, seperti di PT PLN (Persero) dn PT Mega Eltra yang merupakan salah satu perusahaan di lingkungan PT Pupuk Indonesia.

Tak hanya itu, salah satu amanah yang diemban Nicke Widyawati adalah mengurangi impor. Ia telah menyiapkan strategi dengan membangun dan membuka kilang minyak di Balikpapan, Kalimantan Timur dan meningkatkan kinerja kilang lama.

Parasnya yang cantik, gaya yang anggun dan tampilannya yang modis juga merupakan salah satu ciri khasnya. Selain itu, kepintarannya juga menjadi alasan untuk dikagumi banyak orang.

Siapakah tokoh perempuan inspiratif menurutmu? Apakah Ibu Nicke Widyawati merupakan salah satunya? Kehadiran sosok yang kita kagumi memang memberi semangat dan harapan untuk mewujudkan mimpi.

Berusaha sekuat tenaga dan berdoa merupakan jalan terbaik mewujudkan impianmu!


JOINAN merupakan platform investasi berbasis securities crowdfunding. Melalui JOINAN kamu dapat berinvestasi pada beragam bisnis profitable, hingga mendapatkan alternatif pembiayaan untuk mengembangkan bisnismu.

Melalui mekanisme penerbitan efek yang akan JOINAN tawarkan kepada seluruh investor tanah air melalui website dan aplikasi yang dimiliki JOINAN.

Dengan satu platform kamu dapat menjadi investor maupun penerbit atau partner JOINAN! Klik link ini untuk informasi lebih lanjut.

BACA JUGA: SELAIN MENJADI ARTIS BADMINTON, BERIKUT DERETAN BISNIS MARCUS GIDEON

Penulis: Mira Ayu Dwi Cahyani