Prospek Investasi Indonesia 2021, Saatnya Bangkit Dari Resesi

138
Prospek Investasi 2021
Prospek Investasi Global dan Nasional 2021.*/Freepik.com/created by rawpixel.com

Prospek investasi 2021 – Dilansir dari portal berita Kontan.co.id BlackRock Investment Institute, sebuah manajer investasi terbesar di dunia menyebut Indonesia sebagai salah satu negara dengan prospek investasi yang menarik.

Hal ini didukung dengan trend rendahnya suku bunga global dan proses pemulihan ekonomi, Indonesia akan menjadi salah satu negara yang diuntugkan.

Ben Powell, Chief Investment Strategic for Asia Pacific BlackRock Investment Institute menyebutkan Indonesia akan menjadi incaran investor global, khususnya di sektor saham.

BlackRock juga menilai pemulihan ekonomi akan menguntungkan beberapa sektor industri. Ia menjagokan sektor barang konsumsi sebagai salah satu pilihan investasi. Hal ini bukanlah tak beralasan, pasalnya sejak pertama kali pandemi menyerang di tahun 2019, industri ini tahan banting.

Belum lagi, perekonomian Indonesia yang notabenenya didorong oleh tingkat konsumsi masyarakat. Tak berhenti di situ, BlackRock menambahkan bahwa saham yang berorientasi ekspor bisa menjadi pilihan, hal ini didukung dengan pemulihan aktivitas ekonomi global.

Meski masih dibayang-bayang dengan resesi, hadirnya vaksin dan program pemulihan ekonomi yang dilakukan pemerintah dan global diharapkan memberi dampak yang positif terhadap prospek investasi Indonesia di 2021.

Dikutip dari Katadata.co.id sebelumnya, sejak tahun 2019 ekonomi global sempat tertekan akibat memuncaknya perang dagang Amerika Serikat (AS) vs Tiongkok. Belum lagi hubungan dagang AS dengan Uni Eropa, Jepang, dan Korea Selatan yang memanas.

Hal tersebut menjadi salah satu alasan Bank Dunia memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi global pada tahun 2019, 2020, dan 2021, masing-masing sebesar 0,2%.

Prospek Investasi Global 2021

Sebelumnya, aliran investasi asing atau foreign direct investment (FDI) global merosot hingga 49% secara tahunan pada semester I tahun lalu.

Berdasarkan data dari World Investment Report (WIR) UNCTAD mengabarkan untuk yang pertama kalinya sejak 2005, FDI global akan berada di bawah US$ 1 triliun dan prediksi sementara turun antara 5-10%.

Barulah pada tahun 2022 FDI kembali pada posisi semula sebelum terjadi pandemi corona, itupun untuk skenario optimisme penuh.

Laporan tersebut juga menambahkan bahwa prospek ke depan masih tergantung pada durasi krisis kesehatan dan bagaimana kebijakan tiap negara untuk meredam dampak ekonomi dari pandemi.

Beberapa sektor yang dilirik pada masa pandemi berkaitan dengan sustainable development goals (SDGs) atau ekonomi berkelanjutan, seperti sektor infrastruktur, mitigasi perubahan iklim, pertanian, kesehatan, telekomunikasi, dan ekosistem serta biodiversitas.

Prospek Investasi Indonesia 2021

Head of Indonesia Research & Strategy JP Morgan, Henry Wibowo memprediksi aliran FDI ke Indonesia di 2021 menyentuh rekor tertinggi.

Hal ini didorong dengan disahkanya Undang-undang Omnibus Law Cipta Kerja (Ciptaker). Selain itu, terpilihnya Joe Biden turut meningkatkan investasi ke negara-negara emerging markets, salah satunya yaitu Indonesia.

Untuk investor lokal, Chief Executive Officer (CEO) Mirae Asset Sekuritas Indonesia, Taye Shim optimis tren penguatan IHSG berlanjut pada tahun 2021. Hal ini tak terlepas dari turunnya suku bunga acuan Bank Indonesia dan kehadiran vaksin Covid-19.

Selain itu, menurut Edward Ismawan Chamdani Bendahara Asosiasi Modal Ventura Seluruh Indonesia (Amvesindo) dalam wawancaranya dengan Bisnis.com melihat peluang investasi pada tahun 2021 juga menjadi babak baru unikorn yang berencana melakukan penawaran saham dan semen investor capital market yang mulai masuk ke investasi growth sector melalui bursa.

Nah, itulah gambaran singkat prospeksi investasi Indonesia 2021 dan global. Penting untuk para investor selalu melakukan riset secara berkala.

Saat ini banyak platform digital yang memudahkan kamu untuk mulai berinvestasi, salah satunya yaitu JOINAN. JOINAN merupakan platform investasi berbasis securities crowdfunding.

Melalui JOINAN, kamu dapat berinvestasi pada beragam bisnis profitable yang kamu sukai, mulai dari otomotif, kecantikan, FnB, hingga properti.

Tunggu apalagi? Yuk, JOINAN sekarang!

BACA JUGA: RESMI! SECURITIES CROWDFUNDING SOLUSI BAGI UMKM DAN INVESTOR PEMULA

Penulis: Mira Ayu Dwi Cahyani