Home Bisnis Tips Usaha Bengkel Mobil dan Motor Bagi Pemula

Tips Usaha Bengkel Mobil dan Motor Bagi Pemula

54
Tips usaha bengkel mobil
Simak Penjelasan Lengkap Tips Usaha Bengkel Kendaraan Bagi Pemula.*/Photo by Damir Kopezhanov on Unsplash

Terdapat beragam macam usaha di bidang otomotif yang dapat kamu tekuni, salah satunya yaitu usaha bengkel. Simak tips usaha bengkel mobil dan motor berikut ini!

Jumlah kendaraan motor di Indonesia terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, khususnya di kota-kota besar.

Salah satu hal yang mendorong peningkatan jumlah kendaraan bermotor di Indonesia yaitu penurunan suku bunga acuan BI (Bank Indonesia) melalui pembebasan PPnBM (Pajak Penjualan Barang Mewah) bagi mobil tertentu.

Apakah kamu salah satu konsumen yang memanfaatkan pembebasan PPnBM?

Berdasarkan data BPS (Badan Pusat Statistik) populasi kendaraan di Indonesia berjumlah lebih dari 133 juta unit per 2019.

Sedangkan, pada tahun 2020 BPS belum merilis data populasi kendaraan tahun 2020.

Namun, berdasarkan data penjualan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) dan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) 2020, populasi kendaraan kemungkinan tidak mengalami kenaikan yang signifikan akibat pandemi.

Berdasarkan data GAIKINDO, penjualan mobil nasional dari pabrik ke dealer (wholesales) tahun 2020 turun 48,35 persen dari sebelumnya 1.030.126 unit di 2019.

Sementara, penjualan secara ritel (dari dealer ke konsumen) nasional pada tahun 2020 turun 44,55% dibanding 2019 yang sebesar 1.043.017 unit.

Seperti yang kita ketahui, performa kendaraan tidak meungkin selalu prima. Seringkali kendaraan mengalamai gangguan sehingga tak berfungsi dengan baik.

Itulah sebabnya, kendaraan memerlukan perawatan rutin. Salah satunya yaitu penggantian spare part secara berkala.

Solusi dari masalah tersebut, kehadiran bengkel mobil dan motor akan sangat membantu bagi para pengendara.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas kiat kiat dan tips usaha bengkel mobil dan motor bagi pemula. Simak selengkapnya!

Tips Usaha Bengkel Mobil dan Motor

1. Tentukan Lokasi Bengkel

Mengapa lokasi begitu penting bagi usaha bengkel? Ya! Karena semakin dekat dengan keramaian dan target pasar, maka akan menggait banyak pelanggan.

Manfaatkan lokasi di tepi jalan raya, dekat pusat perbelanjaan, tengah kota, dekat daerah wisata, dan lain-lain.

Bila modal yang kamu miliki minim, manfaatkan teras atau garasi rumah sebagai lahan bengkelmu.

2. Tentukan Target Market Bengkelmu

Menentukan target market akan berpengaruh pada budgeting modal awal usaha dan biaya operasional.

Tentukan siapakah market atau konsumen Anda. Misalnya, apakah Anda menyasar semua jenis kendaraan bermotor, atau hanya mobil mewah?

Target market juga akan berpengaruh terhadap pencapaian yang ingin perusahaan Anda raih. Tentukan target market sedini mungkin sebelum melangkah lebih lanjut.

3. Budgeting Modal Awal dan Biaya Operasional

Anda dapat memetakan beberapa kenbutuhan untuk memulai usaha bengkel. Di antaranya yaitu:

  • Bangun atau sewa toko.
  • Biaya kebutuhan listrik dan air.
  • Biaya pembelian peralatan dan spare parts.
  • Biaya operasional dan gaji karyawan (bila ada).

Hitung juga perkiraan pengeluaran per bulannya, dan sebagai langkah awal usahakan Anda telah mengantongi biaya operasional selama 3 bulan.

Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Bila sebelumnya kamu sudah memiliki satu cabang bengkel mobil dan motor, kemudian ingin menambah cabang lagi sebagai upaya ekspansi bisnis, manfaatkanlah platform investasi berbasis securities crowdfunding.

Salah satu platform securities crowdfunding di Indonesia yaitu JOINAN. Melalui JOINAN kamu dapat mengakses modal hingga Rp 10 miliar untuk keperluan usahamu.

4. Rekrut Montir

Pada masa awal pendirian, sah-sah saja bila kamu ingin bekerja sendiri tanpa menambah karyawan.

Namun, seiring berjalannya waktu, dan semakin banyaknya pelanggan yang mempercayakan reparasi kendaraanya padamu, tentu kamu harus menambah sumber daya manusia.

Hal ini dilakukan agar pengerjaannya berjalan lebih cepat, sehingga akan meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan Anda.

Carilah montir yang memiliki kemampuan baik dalam bidang otomotif khususnya reparasi. Kamu dapat melakukan seleksi atas kemampuannya, untuk mencari kandidat terbaik.

Selain hard skill yang mumpuni, cari juga montir dengan soft skill yang baik seperti kejujuran, keramahan, bertanggung jawab dan loyalitas.

5. Lengkapi Spare Parts

Pada tahap awal, miliki spare parts pokok seperti kampas, busi, rem, rantai keteng, kampas kopling, dan lain-lain.

Nah, seiring berjalannya waktu dan semakin bertambahnya pemasukan yang perusahaan Anda miliki, mulailah menambah ragam spare parts.

6. Tingkatkan Kualitas Pelayanan

Pelayanan sangat berperan penting pada performa bisnis Anda. Pelayanan juga dapat menjadi alasan, apakah pelanggan Anda akan kembali menggunakan jasa bengkel Anda pada kesempatan berikutnya.

Tampunglah segala kritik dan saran pelanggan semata-mata untuk memperbaiki kualitas pelayanan.

Lakukan evaluasi kinerja karyawan Anda per periode, beri pelatihan untuk memaksimalkan potensi yang mereka miliki.

Bahkan, keramahan karyawan terhadap pelanggan pun sangat berpengaruh bagi kenyamanan pelanggan bengkel Anda lho.

Anda juga dapat menambah jasa service panggilan bagi kendaraan yang mengalami kerusakan di daerah yang jauh dari bengkel. Tambahkan nomer telepon untuk dapat dikontak sewaktu-waktu.

7. Buat Pembukuan Keuangan yang Baik

Buatlah pembukuan sesuai dengan standar akuntansi, sehingga Anda dapat mengevaluasi pemasukan dan pengeluaran perusahaan secara berkala.

Saat ini tersedia beragam aplikasi pembukuan yang akan memudahkan Anda. Selain itu, pembukuan juga memudahkan Anda bila ingin bekerja sama dengan lembaga keuangan untuk ekspansi bisnis.

Kesehatan finansial perusahaan Anda dapat direview dari pembukuannya.

8. Tentukan Strategi Branding dan Marketing

Branding adalah citra dari suatu perusahaan atau produk yang ditawarkan untuk menarik pelanggan. Sedangkan marketing adalah cara agar para calon konsumen membeli produk atau memakai jasa yang kita tawarkan.

Kamu dapat memanfaatkan jasa branding agency untuk membuat strategi dan mengeksekusi branding perusahaanmu. Lalu menggunakan jasa digital marketing untuk mendatangkan pelanggan.

Untuk pelanggan setia, manjakan mereka dengan beraham fasilitas menarik seperti kupon diskon, souvenir, dan sebagainya.

Nah, itulah beragam tips usaha bengkel mobil dan motor yang dapat Anda lakukan. Apakah Anda tertarik untuk memulai bisnis impian yang satu ini?

Sebagai penyelenggara investasi berbasis securities crowdfunding, JOINAN berkomitmen untuk mendukung program pemulihan ekonomi nasional pasca Covid-19, berkontribusi mewujudkan iklim ekonomi Indonesia yang lebih baik, menjadi alternatif pembiayaan untuk mendukung startup & UMKM naik kelas, serta solusi pintar untuk berinvestasi.

Wujudkan bisnis impianmu bersama JOINAN!


JOINAN merupakan platform investasi berbasis securities crowdfunding. Melalui JOINAN kamu dapat berinvestasi pada beragam bisnis profitable, hingga mendapatkan alternatif pembiayaan untuk mengembangkan bisnismu.

Melalui mekanisme penerbitan efek yang akan JOINAN tawarkan kepada seluruh investor tanah air melalui website dan aplikasi yang dimiliki JOINAN.

Dengan satu platform kamu dapat menjadi investor maupun penerbit atau partner JOINAN! Klik link ini untuk informasi lebih lanjut.

cari modal bisnis? joinan solusinya! simak cara daftar jadi partner joinan untuk akses modal hingga 10 miliar