FAQ

Tentang JOINAN

Securities Crowdfunding (SCF) adalah jenis penggalangan dana untuk suatu usaha (UMKM) dengan cara urun dana atau patungan dari banyak pemodal. Tujuannya adalah agar terjadi hubungan saling menguntungkan antara UMKM dengan pemodal atau investor. UMKM dapat melakukan ekspansi atau mengembangkan usahanya sedangkan pemodal mendapatkan kepemilikan usaha dalam bentuk saham dan mendapatkan bagi hasil dari keuntungan/deviden dari UMKM tersebut secara berkala.

JOINAN adalah platform investasi berbasis urun dana atau Securities Crowdfunding. Melalui Joinan anda dapat memiliki saham suatu bisnis yang anda inginkan dan menikmati dividen yang akan dibagikan secara berkala.

Kami berperan untuk melakukan kegiatan seperti :

  1. Melakukan tahap seleksi (uji kelayakan bisnis) terhadap suatu bisnis yang membutuhkan akses pendanaan.
  2. Melakukan proses penawaran saham bisnis yang lulus seleksi di platform JOINAN.
  3. Mengadministrasi pembagian deviden hasil kegiatan usaha kepada pemodal.
  4. Memberikan laporan keuangan yang transparan secara berkala kepada regulator dan pemodal.

Berikut langkah-langkah mudah untuk bergabung di JOINAN :

  1. Kunjungi website kami di joinan.co.id
  2. Klik daftar atau sign up
  3. Isi data diri anda secara lengkap
  4. Menunggu verifikasi admin 1x24 jam
  1. Bisnis yang ditawarkan adalah bisnis yang berkualitas dan dapat bersaing di pasar dalam negeri maupun luar negeri.
  2. Kategori bisnis yang beragam di plarform kami.
  3. Modal mulai dari 1 juta rupiah , anda dapat memiliki saham suatu bisnis.
  4. Kemudahan berinvestasi hanya dalam satu platform.

JOINAN akan berusaha meminimalisir risiko usaha sejak pendaftaran sampai dengan pada saat usaha tersebut sudah berjalan. Risiko yang mungkin terjadi saat anda berinvestasi adalah:

  1. Risiko Usaha

    Setiap usaha pasti memiliki risiko. Namun, JOINAN akan melakukan analisis usaha sehingga investor dapat lebih yakin dalam melakukan keputusan investasi.

  2. Risiko Investasi

    Pengguna memiliki risiko tidak mendapatkan return yang sesuai dengan proyeksi yang diberikan oleh penerbit. JOINAN akan memberikan info dan tips berinvestasi melalui platform JOINAN dan informasi risiko yang bergantung pada kondisi bisnis yang diinvestasikan. Jangan lupa cek Instagram kita, ya!

  3. Risiko Likuiditas

    Risiko likuiditas adalah kondisi dimana lembar saham UMKM tidak bisa diperdagangkan dalam jam normal setiap harinya. Kami akan mengadakan waktu khusus untuk melakukan penjualan saham sehingga pasar sekunder dapat terbentuk.

  4. Risiko Kegagalan Sistem Elektronik

    Sistem elektronik pada sistem dan flow usaha JOINAN memiliki risiko kegagalan dalam sistem, database, dan storage. Maka dari itu JOINAN bekerjasama dengan pihak ketiga yang terpercaya dan memiliki kredibilitas yang baik di bidangnya masing-masing.

  5. Risiko Dilusi Kepemilikan Saham

    Risiko penurunan nilai saham investor apabila UMKM melakukan penggalangan dana kembali atau penambahan jumlah saham. Oleh karena itu, sebelum public launch investor lama akan mendapatkan penawaran penambahan saham terlebih dahulu agar dapat mempertahankan nilai kepemilikan saat UMKM ingin membuka pendanaan kembali atau menambah jumlah saham yang ditawarkan.

  6. Risiko Kelangkaan Dividen

    Terdapat kelangkaan risiko pembagian dividen akibat keterlambatan laporan UMKM dan penyetoran keuntungan kepada pihak JOINAN. JOINAN memiliki peraturan yang tegas untuk UMKM dalam pembagian dividen dan memberlakukan sanksi apabila terjadi pelanggaran.

Tentang Penerbit
  1. Bisnis yang sudah jalan (running) dan ingin menjual sebagian kepemilikan saham usaha yang sudah ada untuk keperluan ekspansi.
  2. Membuka bisnis baru yang berpotensial dan memiliki pasar yang valid.
  3. Bisnis franchise yang sudah jalan dan ingin membuka cabang baru yang dikelola oleh pengelola ( operator )
  1. Klik daftar atau sign up
  2. Klik beranda dan scroll ke bagian bawah
  3. Klik daftar sebagai penerbit
  4. Isi form yang tertera pada form penerbit
  5. Tim analis kami akan memberikan notifikasi setelah proposal penerbit di setujui.
  1. Setelah mendapatkan pendanaan , maka penerbit wajib menjalankan usaha sesuai dengan rencana yang disepakati dalam perjanjian dan melampirkan laporan penggunaan dana.
  2. Penerbit berkewajiban untuk melaporkan kegiatan operasional dan laporan keuangan usaha setiap bulan, serta melakukan pembagian keuntungan usaha sesuai dengan perjanjian.
Tentang Pemodal
  1. Klik daftar atau sign up
  2. Menunggu verifikasi dari tim JOINAN
  3. Setelah terverifikasi , anda dapat mulai berinvestasi melalui JOINAN
  1. Pendapatan ≤ Rp500 juta / tahun dapat membeli saham pada platform JOINAN maksimal 5% dari pendapatan.
  2. Pendapatan > Rp500 juta / tahun dapat membeli saham pada platform JOINAN maksimal 10% dari pendapatan.

Anda dapat membatalkan investasi dalam waktu 2x24 jam setelah pembayaran anda terverifikasi.

DISCLAIMER

  1. OTORITAS JASA KEUANGAN TIDAK MEMBERIKAN PERNYATAAN MENYETUJUI ATAU TIDAK MENYETUJUI EFEK INI, TIDAK JUGA MENYATAKAN KEBENARAN ATAU KECUKUPAN INFORMASI DALAM LAYANAN URUN DANA INI. SETIAP PERNYATAAN YANG BERTENTANGAN DENGAN HAL TERSEBUT ADALAH PERBUATAN MELANGGAR HUKUM.

  2. INFORMASI DALAM LAYANAN URUN DANA INI PENTING DAN PERLU MENDAPAT PERHATIAN SEGERA. APABILA TERDAPAT KERAGUAN PADA TINDAKAN YANG AKAN DIAMBIL, SEBAIKNYA BERKONSULTASI DENGAN PENYELENGGARA.

  3. PENERBIT DAN PENYELENGGARA, BAIK SENDIRI-SENDIRI MAUPUN BERSAMA-SAMA, BERTANGGUNG JAWAB SEPENUHNYA ATAS KEBENARAN SEMUA INFORMASI YANG TERCANTUM DALAM LAYANAN URUN DANA INI.

  4. Risiko Usaha

    Risiko usaha mencakup gagalnya realisasi bisnis atau proyek yang tidak sesuai dengan proyeksi yang ditawarkan di dalam proposal penawaran efek.

  5. Risiko Investasi

    Risiko investasi mencakup kerugian yang diderita akibat dari tidak terkumpulnya dana investasi dalam masa penawaran efek serta kerugian yang diakibatkan oleh tidak tercapainya keuntungan sesuai yang diharapkan.

  6. Kekurangan Likuiditas

    Segala kekurangan dalam aspek likuiditas di platform Joinan disebabkan karena efek yang ditawarkan tidak terdaftar di bursa umum secara publik. Joinan tidak memberikan jaminan bahwa setiap efek yang ditawarkan dalam pasar sekunder yang disediakan oleh Joinan akan dapat terjual sebelum berakhirnya jangka waktu investasi di pasar sekunder.

  7. Kelangkaan Pembagian Keuntungan

    Setiap pemodal yang melakukan kegiatan investasi berhak untuk mendapatkan keuntungan atas kegiatan usaha penerbit. Keuntungan akan dibagikan sesuai dengan jadwal yang telah disepakati oleh Penerbit dan Pemodal dalam penawaran awal. Segala risiko tidak adanya pembagian keuntungan atas suatu investasi semata-mata terjadi karena kinerja usaha yang tidak berjalan dengan baik, serta bukan merupakan tanggung jawab dari Joinan sebagai pihak penyelenggara.

  8. Dilusi Kepemilikan Saham

    Dilusi kepemilikan saham adalah penurunan persentase kepemilikan saham yang terjadi karena bertambahnya total jumlah saham yang beredar, di mana pemodal yang bersangkutan tidak ikut membeli saham yang baru diterbitkan tersebut. Penerbit dapat menerbitkan saham baru jika jumlah penawaran yang diajukan masih dibawah batas maksimum. Jika Penerbit mengadakan penawaran efek lagi dan terjadi penerbitan saham baru, maka Joinan akan membuka penawaran saham tersebut di website dan mobile application Joinan serta menginformasikannya kepada para pemegang saham lama.

  9. Kegagalan Sistem Elektronik

    Joinan menggunakan sistem elektronik dan keamanan data dengan standar yang tinggi. Namun segala gangguan yang terkait dengan sistem elektronik dan teknologi informasi yang dioperasikan oleh Joinan tetap dimungkinkan karena adanya kegagalan sistem dan alih kelola sistem teknologi informasi.

  10. Risiko Gagal Bayar

    Seluruh efek bersifat utang (obligasi) atau sukuk yang ditawarkan dalam platform Joinan memiliki risiko gagal bayar. Namun, Joinan menerapkan standar analisis yang menyeluruh dan proses pemeringkatan surat utang dengan menggunakan layanan pihak ketiga untuk meminimalisir terjadinya risiko gagal bayar atas penerbit surat utang.

© Joinan 2020. All Rights Reserved.